Sebaiknya Dihindari, 5 Kebiasaan Ini Rentan Bikin Kulit Rusak

Ada beberapa kebiasaan yang sebaiknya dihindari untuk mencegah kulit rusak.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 21 Desember 2021 icon 12:07 WIB
Sebaiknya Dihindari, 5 Kebiasaan Ini Rentan Bikin Kulit Rusak

Suka makanan manis. (Unsplash/Court Prather)

Perubahan kondisi kulit kerap terjadi dan bisa dialami semua orang. Umumnya, hal tersebut dipicu efek paparan sinar matahari sehingga jadi lebih gerap dan kering, bahkan kulit rusak.

Selain sinar matahari, ada beberapa kebiasaan yang kerap tidak disadari tapi juga berkontribusi terhadap kerusakan kulit. Melansir Healthshots, berikut lima kebiasaan yang harus dihindari untuk mencegah kulit rusak.

Konsumsi gula yang berlebihan

Baca Juga: Tahun Baru Semakin Berkilau, Ini Cara Mengatasi Masalah Kulit Ketiak Hitam

Mengonsumsi gula yang berlebihan lewat minuman soda, permen, makanan manis serta teh dan kopi, bisa berdampak negatif pada kecantikan kulit. Jika kelebihan gula, aliran darah dapat menyebabkan glikasi, yakni reaksi kimia alami yang terjadi ketika kadar gula dalam darah melonjak. Tentunya, ini bisa memicu masalah kulit, mulai dari jerawat hingga eksim (peradangan).

Makanan ringan, keripik. (Pixabay/Thomas B.)
Makanan ringan, keripik. (Pixabay/Thomas B.)

Konsumsi garam yang berlebihan

Terlalu banyak natrium juga dapat membahayakan tubuh, terutama kulit. Konsumsi garam berlebihan bisa menyebabkan kulit kering dan pecah-pecah sehingga kulit menjadi kusam dan tidak bercahaya.

Baca Juga: Cuma Dua Langkah, Ini Cara Tepat Merawat Kulit Menurut Tompi

Tak cuma itu, garam juga berkontribusi dalam timbulnya jerawat yang muncul di wajah dan bagian tubuh lainnya. Kondisi ini bisa meningkatkan reaksi kulit secara negatif, mulai dehidrasi, penuaan dini, dan kulit berminyak.

Penggunaan kafein yang berlebihan

Asupan kafein bisa menyebabkan dehidrasi. Konsumsi kafein berlebihan juga menyebabkan kulit kering, kusam, dan menua. Selain itu, kafein berlebihan bisa jadi penumpukan racun di tubuh sehingga akan memengaruhi kesehatan kulit.

Minum kopi. (Unsplash/Ava Sol)
Minum kopi. (Unsplash/Ava Sol)

Faktor stres

Stres tak cuma berdampak negatif bagi kesehatan mental, melainkan juga berpengaruh terhadap kulit. Ketika mengalami stres, hormon kortisol akan memberi sinyal pada kelenjar kulit sehingga menjadi berminyak. Padahal, kulit berminyak sangat rentan jerawat.

Paparan sinar matahari

Baca Juga: Dari Penuaan Kulit hingga Tabir Surya, L'oreal Siap Dukung 3 Penelitian Ini

Walaupaparan sinar matahari dikenal sehat untuk memproduksi vitamin D alami, tetapi jika terpapar berlebihan bisa malah menyebabkan kulit rusak, mulai dari kemerahan, nyeri kulit, kulit panas, lecet, dehidrasi, hingga gatal-gatal. Oleh karenanya, disarankan jangan mengabaikan pentingnya penggunaan krim siang untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI