5 Urutan Skincare Malam untuk Wajah Sehat dan Glowing, Jangan Malas Cuci Muka!

Apa saja urusan skincare malam yang perlu diperhatikan?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 05 Desember 2023 icon 11:30 WIB
5 Urutan Skincare Malam untuk Wajah Sehat dan Glowing, Jangan Malas Cuci Muka!

Ilustrasi perempuan menggunakan serum untuk perawatan wajah. (Freepik)

Pentingnya perawatan wajah di malam hari tak boleh disepelekan. Pastikan kamu mengetahui urutan skincare malam yang tepat untuk meningkatkan efektivitas penggunaan produk.

Layaknya rutinitas skincare pagi hari, kamu juga tidak bisa sembarangan memakai produk perawatan di malam hari. Jangan sampai manfaat produk yang kamu gunakan jadi tidak optimal.

Kamu mungkin termasuk orang yang merasa sudah rutin pakai produk skincare tertentu, tetapi belum wajahnya tidak tampak lebih baik, bahkan malah breakout. Barangkali, ada kesalahan atau kebiasaan buruk yang disadari.

Baca Juga: 4 Hal yang Membuat Wajahmu Terlihat Lebih Tua dari Seharusnya

Berikan perhatian lebih pada produk skincare malam hari. Mengangkat kotoran yang menempel di kulit wajah setelah seharian beraktivitas adalah hal wajib.

Ilustrasi toner. (shutterstock)
Ilustrasi toner. (shutterstock)

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa urutan skincare malam yang dapat kamu terapkan.

Makeup Remover

Baca Juga: 3 Tips Penting Menjaga Kesehatan Kulit, Bonus Cantik dan Glowing

Pertama, gunakan makeup remover atau pembersih khusus riasan. Setelah seharian beraktivitas menggunakan kosmetik, wajahmu terpapar sinar UV matahari, debu, dan polusi. Oleh karenanya, penting untuk membersihkan wajah dengan cara yang benar.

Penggunaan Face Wash

Tahap skincare malam selanjutnya membersihkah wajah dengan sabun muka yang tepat. Tahapan ini akan membantumu mengangkat debu dan sisa kotoran secara menyeluruh.

Menggunakan Toner

Langkah berikutnya dalam urutan skincare malam adalah toner. Penggunaan toner dapat membantu menyeimbangkan pH pada wajah sehingga kulit tetap ternutrisi dengan baik.

Meskipun sering disebut sebagai tahap perawatan yang tidak terlalu penting, nyatanya toner dapat membantu menjaga kulit tetap lembap selama tidur.

Serum

Ada banyak manfaat serum untuk perawatan kulit, termasuk mencerahkan wajah dan mencegah penuaan dini. Pemakaian serum dapat dilakukan 15 menit setelah mencuci muka agar lebih maksimal.

Moisturizer atau Krim Malam

Baca Juga: Ternyata Ini Skincare Andalan Sophia Latjuba, Rahasia Awet Muda di Usia 50an

Langkah terakhir dalam urutan skincare malam adalah penggunaan pelembap atau krim malam. Fungsinya adalah menjaga kulit tetap terhidrasi sepanjang malam. Krim malam dapat membantu mengunci cairan di dalam kulit sekaligus mengatasi masalah kulit wajah selagi tidur. (*Gigih Persada Putra Mahmud)

BERITA TERKAIT