Kenapa Perayaan Valentine Identik dengan Cokelat? Begini Asal Usulnya

Apa alasan di balik kemeriahan perayaan Valentine yang identic dengan cokelat?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 05 Februari 2024 icon 20:00 WIB
Kenapa Perayaan Valentine Identik dengan Cokelat? Begini Asal Usulnya

Coklat Valentine. (Pixabay/congerdesign)

Februari dan Hari Kasih Sayang tak bisa dipisahkan. Tahun ini, perayaan Valentine terasa berbeda karena bertepatan dengan Pemilu 2024. Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya, mengapa Valentine identik dengan cokelat?

Melansir Suara.com, tradisi ini sebenarnya sudah muncul sejak lama. Beberapa sumber menyebut bahwa awal mula pemberian cokelat di hari Valentine terjadi pada abad ke-19, yakni era Ratu Victoria.

Pada masa itu, cokelat dianggap sebagai hal yang tepat untuk merayu lawan jenis. Pertukaran cokelat antara seorang pria dan wanita juga disebut bisa menjadi bentuk pernyataan cinta dan memulai sebuah hubungan baru.

Baca Juga: Maunya Cepat Sah, 6 Zodiak Ini Siap Melamar Kekasih di Hari Valentine

Merayakan Hari Valentine. (Pixabay/jil111)
Merayakan Hari Valentine. (Pixabay/jil111)

Kala itu, produsen cokelat meyakinkan orang-orang tentang hubungan erat antara pengorbanan uang dalam membeli cokelat dan rasa cinta yang dimiliki.

Salah satu alasan cokelat menjadi ciri khas Valentine adalah danya nilai pengorbanan dan kerelaan yang disampaikan lewat makanan ini pada pasangan. Rasa cokelat yang khas juga dinilai mewakili perasaan cinta yang identik dengan kehangatan, perasaan bahagia, dan kenangan manis yang dibuat bersama.

Tahukah kamu? Pada peradaban maju di masa kuno, cokelat adalah makanan mewah. Hal ini menjadi kayakinan suku Maya dan suku Aztec, dua suku dengan peradaban yang cukup maju di masanya.

Baca Juga: Sayang Bestie! 10 Ide Kado Valentine untuk Sahabat Andalan

Kini, cokelat bisa dinikmati semua kalangan dengan harganya beragam. Kandungan yang ada di dalam cokelat juga dipercaya bisa meningkatkan suasana hati dengan merangsang hormon yang memicu perasaan tersebut.

Baca Juga: Resep Chocolate Mousse, Cocok Disajikan saat Rayakan Natal Bersama Keluarga

Jadi, bagaimana? Apakah kamu sudah menyiapkan hadiah spesial untuk merayakan Valentine bersama orang terkasih? Selain membeli produk cokelat di pasaran, ada opsi untuk membuatnya sendiri. Kamu bisa sekaligus mencurahkan perasaan cintamu yang tulus saat membikin cokelat Valentine dengan kreasimu sendiri.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI