10 Inspirasi Jualan di Bulan Ramadan, Kolak Tetap Diprediksi Laris Manis

Butuh ide bisnis untuk berjualan di bulan Ramadan nanti? Berikut beberapa rekomendasinya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 20 Februari 2024 icon 12:45 WIB
10 Inspirasi Jualan di Bulan Ramadan, Kolak Tetap Diprediksi Laris Manis

Aneka jajanan takjil di Bulan Ramadhan (Pexels/Riki Risnandar)

Ramadan sudah semakin dekat. Selain memperbanyak ibadah, banyak juga orang menjadikan momen penuh berkah ini untuk mencari tambahan penghasilan.

Ada banyak ide jualan yang selalu bisa jadi opsi setiap Ramadan datang, terutama jajan takjil atau makanan untuk buka puasa. Berikut rekomendasinya.

1. Kolak 

Baca Juga: Saatnya Belanja! Berikut Inspirasi Produk untuk Persiapan Sambut Ramadhan

Kolak termasuk menu buka puasa favorit banyak orang sehingga bisa jadi pilihan pilihan bisnis kreatif Ramadan. Bahan-bahannya juga mudah didapat, seperti pisang, santan, gula, kolang-kaling, ubi, dan daun pandan. Kolak bisa dijual dengan harga beragam, tergantung bahan yang kamu gunakan.

Ilustrasi lumpia goreng, salah satu kudapan khas Imlek. (Pexels/Angela Roma)
Ilustrasi lumpia goreng. (Pexels/Angela Roma)

2. Gorengan

Banyak orang merasa harus ada gorengan saat buka puasa. Jadi, kamu bisa menjual berbagai macam gorengan, mulai dari tahu isi, bakwan, tempe, pisang, lumpia, dan varian lainnya.

Baca Juga: Agar Tak Cepat Habis, 3 Cara Cerdas Mengelola Uang THR

3. Es kelapa muda

Es kelapa muda juga disukai banyak orang. Biar lebih enak, tambahkan sirup cocopandan atau gula merah. Kamu bisa menjualnya dalam bentuk kelapa muda utuh atau per gelas seharga mulai dari Rp5 ribu.

4. Pudding fla

Kombinasikan pudding kenyal dengan fla yang lembut dan manis. Varian pudding fla juga sangat beragam, termasuk cokelat, vanila, hingga buah-buahan.

5. Dimsum

Dimsum juga telah menjadi salah satu jajanan populer di bulan Ramadan. Selain variasi dimsum, salah satu kunci kelezatan makanan itu adalah sausnya.

6. Risol

Mulai dari isi sayuran hingga mayones, risol memang terkenal enaknya. Jajanan pasar ini biasanya dijual seharga mulai dari Rp2 ribu. Jangan lupa beri cabai supaya lebih mantap.

7. Pisang nuget

Makanan itu tidak sulit dibuat. Ketimbang pisang goreng biasa, kamu juga bisa menjualnya dengan harga lebih mahal. Biar lebih enak, tentu kamu dapat menambahkan berbagai toping, seperti keju, cokelat, tiramisu, dan lainnya.

8. Sosis bakar

Mau jualan sosis bakar? Jangan lupa sediakan varian saus pendamping yang beraneka, misal barbeku, lada hitam, pedas, keju, mayones, atau lainnya. Makanan ini biasanya sangat digemari anak-anak.

9. Es buah

Segarnya es buah memang selalu bikin kangen. Kamu bisa memilih buat yang relatif murah sebagai isiannya, misal semangka, melon, dan pepaya. Es buah biasanya dijual mulai dari Rp5 ribu per gelas.

10. Tahu walik

Baca Juga: 4 Tips Ramadan Seru Bareng Keluarga, Salah Satunya Belanja sesuai Kebutuhan

Ide jualan untuk Ramadan berikutnya adalah tahu walik. Selain varian original, banyak juga orang yang suka menambahkan berbagi bumbu sehingga rasanya lebih sedap.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI