Promosi di TikTok Bikin Laris Manis, UMKM Batik Ini Mendadak Dapat Ribuan Pesanan

Padahal produk UMKM ini sempat tidak lanjut produksi selama dua tahun.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 28 Februari 2024 icon 14:00 WIB
Promosi di TikTok Bikin Laris Manis, UMKM Batik Ini Mendadak Dapat Ribuan Pesanan

Inspirasi busana batik (Unsplash/Ema Lalita)

Pengusaha batik lokal perlu mengambil langkah strategis dengan memanfaatkan platform digital untuk memperluas pasar dan menjangkau lebih banyak audiens. Memadukan keindahan tradisi batik dan inovasi pemasaran digital adalah cara bagus untuk menjaga kelestarian budaya sambil tetap bersaing dalam pasar yang kian kompetitif.

KEISHAN merupakan contoh sukses bagaimana platform digital memberikan peluang baru bagi pelaku usaha. Dengan menciptakan produk-produk yang menarik bagi generasi muda, seperti outer crop top dan jaket yang menggunakan kain tenun batik dengan sentuhan modern, UMKM ini telah berhasil menarik minat pasar yang lebih luas.

Salah satu strategi utama KEISHAN Adalah memperkenalkan dan promosi produk mereka kepada generasi muda secara organik lewat platform TikTok.

Baca Juga: Lagi Jalan-Jalan ke Jogja? Ini Rekomendasi Tempat Berburu Suvenir Batik

Pemilik KEISHAN, Moh. Abdul Ghoni, mengungkapkan, TikTok telah membantu meningkatkan penjualan secara signifikan. Bahkan, produk yang sebelumnya tidak laku selama dua tahun bisa mendapatkan pesanan hingga ribuan potong.

"Cerita menarik sebelum menggunakan platform TikTok, saya pernah memiliki produk yang memang sudah tidak lanjut produksi selama 2 tahun. Namun ketika saya coba promosikan produk tersebut di TikTok dibantu bersama kreator TikTok, akhirnya produk itu mengalami peningkatan permintaan dimulai dengan orderan yang berlipat ganda menjadi 100 pesanan," ungkap Abdul Ghoni.

Dia juga mengatakan, "Pas mulai bulan puasa, produk tersebut yang awalnya hanya produksi 100 potong, pesanannya terus meningkat hingga ribuan. Saya merasa TikTok telah banyak membantu penjualan bisnis saya, apalagi dengan adanya dukungan dari TikTok untuk produk-produk lokal."

Baca Juga: Rekomendasi Sepatu Motif Batik, Produk Lokal Kualitas Jempolan

Dukungan dari platform digital seperti TikTok dan Tokopedia juga membantu KEISHAN dalam berbagai kampanye seperti "Beli Lokal" dan "#MelokalDenganBatik" yang meningkatkan angka penjualan secara dramatis.

Baca Juga: Dukung UMKM di Era Digital, Ini 4 Peran Penting Jasa Pengiriman

Efek positif lainnya, KEISHAN turut berkontribusi terhadap ekonomi lokal dengan menciptakan lapangan kerja baru. Melalui kolaborasi dengan Institut Seni Indonesia (ISI), KEISHAN juga dapat mengembangkan desainnya menjadi lebih inovatif dan menarik bagi pasar.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI