Peringati Hari Perempuan Internasional, Melanie Subono Cerita Soal Perjuangannya jadi Aktivis HAM

Tindakan aktivisme sendiri memang bukan hal baru bagi Melanie.

By: Risna Halidi icon Jumat, 08 Maret 2024 icon 15:52 WIB
Peringati Hari Perempuan Internasional, Melanie Subono Cerita Soal Perjuangannya jadi Aktivis HAM

Melanie Subono (Instagram)

Seniman Melanie Subono banyak bercerita tentang perjuangannya selama menjadi aktivis perempuan ketika datang ke kantor Dewiku di Kuningan, Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2024).

Dikenal kritis dalam menyikapi berbagai isu, Melanie mengungkap potret kondisi perempuan Indonesia saat ini dalam pandangannya.

Menurut cucu mantan Presiden BJ Habibie itu, kondisi pemberdayaan perempuan Indonesia saat ini sebenarnya jalan di tempat. Melanie bahkan menganalogikannya seperti orang yang sedang olahraga treadmill.

Baca Juga: Hari Perempuan Internasional, Meghan Markle: Kita Harus Saling Dukung!

"Olahraga di treadmill itu kan kayaknya lari atau jalan sampai berkilo-kilo, tapi padahal masih di situ juga. Maju dan mundur sehingga menurut gua jalan di tempat."

"Banyak perempuan gak bisa lakukan banyak hal. Kayak gitu gue lihatnya sekarang," kata melanie saat itu.

Meski setiap tahun ada perayaan Hari Perempuan Internasional yang dirayakan setiap 8 Maret, atau Hari Kartini, namun menurut Melanie kedua hari itu sekadar perayaan seremonial.

Baca Juga: Jalan-Jalan Seru, Perempuan Paling Menginginkan Hal Ini saat Traveling

Menurutnya, hanya sedikit orang yang benar-benar konsisten melakukan tindakan aktivisme sepanjang tahun.

Itu pula alasan Melanie enggan mengiyakan ajakan untuk turut serta hadir dalam perayaan Hari Perempuan Internasional tahun ini.

"Gue banyak ketemu orang di situ, manggung, orasi di situ. Tapi ya udah gue akan ketemu lagi sama orang itu pas tahun depan perayaan lagi, jadi kayak selebrasi doang."

"Ada juga yang memang terus berjuang buat hak perempuan, tapi paling dari seribu cuma 200 orang," tuturnya.

Tindakan aktivisme sendiri memang bukan hal baru bagi Melanie. Tidak hanya tentang isu perempuan, pelantun lagu Kita Kawan Bukan Lawan itu mengatakan dirinya juga vokal mengenai berbagai isu lain seperti HAM, perlindungan hewan, politik, sampai oerampasan lahan.

Melanie merasa daya pikir kritisnya itu memang sudah terasah sejak dia masih anak-anak.

Melanie Subono (Instagram)
Melanie Subono (Instagram)

"Yang gua ingat pertama kali kayaknya dari kecil udah cukup concern sama sesuatu kalau hal itu gak adil. Gue bisa nih kalau lagi jalan sama keluarga lihat esuatu gak seharusnya bisa 'kok ini begini sih', entah apa pun isunya. Mulai bertambahnya umur, mulai ketemu banyak aktivis," cerita Melanie.

Alih-alih membahas isu perempuan, Melanie merasa dia sebenarnya lebih banyak berbicara mengenai isu hak asasi manusia (HAM).

Hanya saja, kebanyakan korban HAM yang dia bantu rata-rata juga perempuan. Dia mengaku banyak belajar tentang isu tersebut dari istri mendiang Munir, Suciwati.

"Mentor perempuan pertama buat gue itu mba Suci. Jadi gue gak inget kapan spesifik pertama kali ngomongin soal perempuan," tuturnya.

Baca Juga: Kesetaraan Gender Bikin Karyawan 3 Kali Lipat Lebih Inovatif, Ini Alasannya

(Lilis Varwati)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI