Tingkatkan Angka Penjualan saat Ramadan, Ini 5 Tips untuk Pelaku UMKM

Ramadan bisa dimanfaatkan UMKM sebagai momen untuk meningkatkan angka penjualan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 10 Maret 2024 icon 19:45 WIB
Tingkatkan Angka Penjualan saat Ramadan, Ini 5 Tips untuk Pelaku UMKM

Belanja online untuk persiapan kebutuhan Ramadan dan Lebaran (Freepik/tirachardz)

Daya beli masyarakat umumnya meningkat saat Ramadan seiring dengan banyaknya kebutuhan untuk menjalankan ibadah puasa dan menyambut Lebaran. Pelaku UMKM pun menjadikan momen penuh berkah ini untuk meningkatkan pendapatan.

Ramadan adalah saatnya UMKM mengoptimalkan penjualan online untuk memaksimalkan pemasaran produk ke berbagai daerah di Indonesia.

Apa yang perlu dilakukan? Berikut sejumlah tips untuk memaksimalkan penjualan secara online di bulan Ramadan, dikutip siaran persTokopedia.

Baca Juga: 4 Hal yang Mesti Diperhatikan Sebelum Lakukan Food Preparation di Bulan Ramadan

Ilustrasi perempuan berhijab mengenakan abaya (Pexels/Yan Krukau)
Ilustrasi perempuan berhijab mengenakan abaya (Pexels/Yan Krukau)

1. Menjaga stok barang

Demi penghasilan maksimal, siapkan stok barang yang mencukupi selama Ramadan. Ini untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pemesanan.

2. Dekorasi halaman toko online

Baca Juga: Tetap Olahraga di Bulan Ramadan, Ini Manfaat Berlari di Treadmill

Walau jualan online, toko tetap bisa didesain menarik untuk memikat calon pembeli. Platform penjualan online punya fitur untuk mendekorasi toko, misal menggunakan banner promosi sehingga calon pembeli tertarik untuk mengunjungi dan melihat produknya.

3. Promosi

Penting juga untuk memberikan berbagai promosi menarik, misal kupon, voucher cashback, bebas ongkir, flash sale, dan lainnya.

4. Manfaatkan tren video pendek dan siaran langsung

Tak ada salahnya menggunakan fitur video pendek yang sedang tren. Perlihatkan produk secara jelas agar para pembeli semakin tertarik. Lakukan juga siaran langsung agar para calon pembeli bisa mendapat informasi produk secara jelas sehingga semakin yakin terhadap barang tersebut.

5. Evaluasi

Hal yang tidak kalah penting, selalu lakukan evaluasi toko selama Ramadan berlangsung. Platform penjualan online biasanya punya fitur untuk mengevaluasi penghasilan toko.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Buka Puasa di Jakarta, Live Cooking Bikin Lebih Seru

Lewat fitur tersebut, penjual bisa meninjau jumlah kunjungan, produk yang laris, belum terjual, ulasan, dan lain-lain. Jadikan semua itu sebagai pertimbangan penjual untuk mengetahui efektivitas strategi penjualan yang sudah coba dilakukan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI