Ternyata Ini Media Sosial Favorit Gen Z, TikTok atau Bukan?

Platform media sosial apa yang paling disukai anak muda Gen Z?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 28 Maret 2024 icon 20:00 WIB
Ternyata Ini Media Sosial Favorit Gen Z, TikTok atau Bukan?

Ilustrasi menggunakan media sosial Instagram (Unsplash/Erik Lucatero)

Media sosial tak cuma menjadi platform untuk interaksi sosial, melainkan salah satu pilar penting dalam pemasaran digital. Dari sekian banyak ragamnya, Instagram termyata  menjadi media sosial paling populer di kalangan Gen Z selama 2023.

Hal ini berdasarkan hasil survei dari Invinyx dan Jakpat dalam tajuk "Pemetaan Strategi Influencer di Media Sosial". Co-Founder at INVINYX Digital Agency Muhammad Ilmayanto Rustriananda mengungkapkan, Instagram unggul secara popularitas ketimbang YouTube dan TikTok.

"Platform Instagram tetap jadi media sosial pilihan seluruh responden, khususnya bagi generasi Z. Secara keseluruhan terdapat 3 platform media sosial yang paling populer dan sering diakses oleh responden yakni Instagram (94%), YouTube (91%), dan TikTok (81%)," ujar Ilma dalam keterangan persnya, melansir Suara.com.

Baca Juga: Hukum Bergosip di Media Sosial, Membatalkan Puasa atau Tidak?

Ilustrasi media sosial. (Unsplash/Christian Wiediger)
Ilustrasi media sosial. (Unsplash/Christian Wiediger)

Survei juga menemukan bahwa konten yang paling diminati di media sosial adalah vlog, podcast, dan story. Jika diklasifikasi berdasarkan gender, kelompok perempuan juga menyukai format konten vlog dan foto, sedangkan pria lebih banyak tertarik pada konten live streaming dan giveaway.

Hiburan menjadi jenis konten teratas yang paling populer ditonton di media sosial dengan persentase mencapai 88 %, diikuti konten kuliner (84% ) dan fesyen (65%).

Selain itu, kuliner juga menjadi produk yang paling populer untuk dibeli di platform media sosial. Pada kategori Gen Z, mereka cenderung lebih sering membeli produk kuliner, kecantikan, dan fesyen. Namun, Gen Y dan Gen X lebih suka produk kuliner dan perangkat elektronik.

Baca Juga: Hasil Studi: Banyak Gen Z Resign karena Gaji Tak Sesuai Harapan

Baca Juga: Kawula Muda Jangan Golput di Pemilu 2024! Yuk, Tentukan Pilihanmu Lewat Kuis Ini!

"Studi kami menunjukkan perbedaan dalam penggunaan media sosial, minat konten, dan preferensi produk antara Gen Z, Millennial, dan Gen X. Hal ini menegaskan pentingnya menyesuaikan strategi pemasaran digital untuk setiap segmen. Apalagi dengan kehadiran key opinion leader yang menjadi salah satu pengaruh dalam meningkatkan preferensi dan informasi bagi konsumen dalam keputusan pembelian," kata Research Lead Jakpat, Farida Hasna Annuha.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI