Ini Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak

Solusi yang tepat bagi kamu yang selalu bermasalah dengan kulit wajah berminyak.

By: Tinwarotul Fatonah icon Minggu, 30 September 2018 icon 12:30 WIB
Ini Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak

Ilustrasi wajah cantik dan sehat. (Unsplash/Kyle Loftus)

Mempunyai kulit wajah berminyak memang menjadi hal yang menyebalkan. Kulit berminyak bisa membuat wajah tampak kusam dan bikin makeup jadi gampang luntur. Gimana sih cara merawat kulit wajah berminyak yang tepat?

Selain membuat makeup mudah luntur, kulit berminyak juga identik dengan timbulnya komedo dan jerawat. Duh, sangat menyebalkan! Walaupun ada manfaat mempunyai kulit berminyak, sebaiknya tetap dirawat agar tetap sehat dan kadar minyak terkontrol. Cek caranya di bawah ini, yuk.

1. Pilih skincare yang tepat

Ilustrasi produk skincare. (Unsplash)
Ilustrasi produk skincare. (Unsplash)

Kulit wajah berminyak memang membutuhkan produk perawatan yang cocok dan tepat. Terutama skincare yang dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak di wajah tanpa membuatnya menjadi kering. Untuk sabun pencuci wajah, disarankan memilih yang mempunyai bahan dasar gel. Ini sangat pas dipakai untuk wajah berminyak.

2. Memakai pelembap

Banyak wanita yang masih salah tentang pemakaian pelembap untuk kulit wajah berminyak. Banyak yang mengira karena wajah sudah berminyak, maka pelembab wajah nggak diperlukan lagi. Ternyata hal ini salah besar, lho.

Apapun jenis kulit kamu, pelembab nggak boleh dilewatkan sama sekali. Pilihlah pelembap yang berbahan dasar air dan memiliki label oil free. Produk ini akan tetap menghidrasi wajah tanpa membuatnya semakin berminyak.

3. Jangan lupa memakai masker

Masker kopi. (Pinterest)
Ilustrasi memakai masker. (Pinterest)

Kamu bisa menggunakan sheet mask yang banyak dijual di pasaran. Disarankan untuk menggunakan masker khusus perawatan kulit berminyak. Kalau kamu lebih suka dengan masker wajah alami, bisa banget membuat masker dari bahan-bahan seperti madu, lemon, kentang, atau yoghurt.

Memakai masker wajib dilakukan agar kulit wajah tetap terawat. Disarankan minimal memakai masker dua kali dalam seminggu ya, girls.

4. Hindari makanan berminyak

Salah satu cara merawat kulit wajah berminyak adalah dengan menghindari makanan berminyak. Ternyata makanan berminyak yang sering kamu konsumsi adalah salah satu penyebab kulit wajah sangat berminyak.

Maka dari itu, ada baiknya mengurangi makanan berminyak dan berlemak tinggi seperti gorengan dan jin food. Kamu bisa menggantinya dengan sayur-sayuran dan buah-buahan yang penuh dengan vitamin dan kandungan baik untuk kecantikan kulit kamu.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI