5 Alasan Cuka Sari Apel Baik untuk Rambut

Tidak hanya untuk wajah, cuka sari apel juga baik untuk rambut.

By: Agung Pratnyawan icon Rabu, 21 November 2018 icon 07:00 WIB
5 Alasan Cuka Sari Apel Baik untuk Rambut

Cuka sari apel. (Pixabay)

Rambut terkena begitu banyak kotoran, debu, dan polusi setiap saat. Karena hal itu rambut cenderung kehilangan kilau sehatnya. Seiring waktu, juga menyebabkan rambut menjadi lemah dan lebih rentan terhadap kerusakan, menghasilkan ujung rambut bercabang dan kering.

Untuk menyelamatkan rambut, ada sejumlah bahan alami yang dapat digunakan untuk perawatan rambut. Salah satunya adalah cuka sari apel. Terbuat dari jus apel yang difermentasi, cuka sari apel juga bisa digunakan secara topikal pada rambut dan memiliki berbagai manfaat. Apa saja manfaatnya? Yuk simak!

1. Menjaga tingkat pH kulit kepala

Baca Juga: Rambut Lebih Cepat Tumbuh setelah Dipotong? Mitos!

Sama seperti menggunakan toner untuk kulit wajah agar mempertahankan keseimbangan pH, dengan cara yang sama cuka sari apel dapat digunakan sebagai pembilas kulit kepala untuk mengembalikan dan mempertahankan keseimbangan pH. Selain itu, ia juga membantu untuk mengembalikan mantel asam halus kulit kepala dan menjaganya agar tetap sehat serta bergizi.

Ilustrasi sari apel / Unsplash.com
Ilustrasi sari apel. (Unsplash)


2. Menjaga rambut tetap sehat

Cuka sari apel membantu mencegah hilangnya kelembaban dari kulit kepala. Cuka sari apel dapat mengunci kelembapan sehingga memperkuat akar rambut dan pada gilirannya membuat rambut sehat. Hal ini juga menambah kilau rambut alamimu, lho.

Baca Juga: Agar Maksimal, Ini Seluk Beluk Masker Rambut yang Harus Kamu Tahu

3. Mempromosikan pertumbuhan rambut

Cuka sari apel mengandung banyak nutrisi yang dikenal untuk merangsang folikel rambut dan menghilangkan sel kulit mati yang ada di kulit kepala, sehingga mendorong pertumbuhan rambut yang sehat. Hal ini juga diketahui efektif menghindarkan dari rambut rontok dan melindungi rambut dari segala jenis kerusakan.

Cuka Apel. (Pexels/rawpixels)
Cuka Apel. (Pexels/rawpixels)

 

4. Meredakan kulit kepala gatal

Sampo dan kondisioner yang keras dan mengandung bahan kimia sering merusak rambut tanpa kita sadari. Jika sudah begitu, perlu menambahkan sesuatu yang alami untuk merawat rambut agar lebih kuat dan sehat lagi. Cuka sari apel memberikan bantuan untuk kulit kepala yang gatal dan sensitif serta menyuburkannya secara mendalam.

5. Memerangi ketombe

Baca Juga: 5 Kesalahan Mengeringkan Rambut yang Perlu Dihindari

Kalau kamu berurusan dengan masalah ketombe secara terus menerus, kamu perlu mulai menggunakan cuka sari apel karena efektif dalam melawan bakteri penyebab ketombe yang menyumbat folikel rambut.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI