Seberapa Sering Harus Mandi? Ini Jawabnya

Menurut para ahli sih seperti ini.

By: Tinwarotul Fatonah icon Selasa, 18 Desember 2018 icon 22:00 WIB
Seberapa Sering Harus Mandi? Ini Jawabnya

Ilustrasi mandi. (Unsplash)

Mandi jadi rutinitas sehari-hari yang tentu tidak boleh dilewatkan. Namun pasti kamu pernah kan terbersih pertanyaan, ''Harus seberapa sering sih mandi?''

Yup, karena jujur saja, kita sering malas mandi. Nah artikel berikut ini mungkin bisa jadi pertimbangan untukmu harus mandi seberapa sering.

Dilansir dari All Woman Stalk, berikut adalah pertimbangan seberapa sering kamu harus mandi menurut ahli.

Baca Juga: Ide Sering Muncul di Kamar Mandi? Ini Sebabnya

1. Tingkat kegiatan

Jika kamu adalah orang yang aktif dan berolahraga setiap hari sampai mengeluarkan banyak keringat, maka mandi cepat adalah pilihan terbaik. Tapi jika tingkat aktivitasmu tidak cukup berat seperti itu, kamu bisa skip mandi untuk hari selanjutnya. Kalau takut bau, tinggal semprot parfum atau deodoran.

Mandi setelah olahraga. (Unsplash)
Mandi setelah olahraga. (Unsplash)

2. Jenis kulit

Baca Juga: Bahaya, Mandi Setelah Berolahraga Berdampak Buruk

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah jenis kulit. Kalau kamu memiliki kulit yang terlalu berminyak, maka lebih baik mandi setiap hari. Namun, kalau kamu memiliki kulit kering atau sensitif, kerasnya air panas setiap hari cenderung berbahaya dan makin merusak kulit. Kalau kulitmu masuk golongan yang kedua, selalu pastikan untuk menerapkan pelembap ke tubuh setelah mandi.

3. Lingkungan

Kamu juga perlu memikirkan lingkungan, seperti jenis cuaca dan iklim yang kamu alami secara teratur. Kalau tempat tinggal di iklim yang lebih dingin, kamu boleh jarang mandi. Terlalu banyak mandi di iklim yang sangat dingin mungkin akan membuat kulit semakin kering.

Baca Juga: 4 Dampak Buruk Terlalu Lama Mandi

Sebaliknya, iklim yang panas dan lembap akan membuatmu semakin berkeringat, dan jelas membutuhkan mandi teratur untuk menyingkirkan racun dan bakteri yang menempel di kulit.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI