Lifestyle

Ide Sering Muncul di Kamar Mandi? Ini Sebabnya

Kamar mandi jadi tempat favorit untuk cari inspirasi.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati

Mandi setelah olahraga. (Unsplash)
Mandi setelah olahraga. (Unsplash)

Dewiku.com - Pernah tidak saat asyik-asyiknya mandi atau buang air besar lalu tiba-tiba muncul ide yang menurutmu sangat brilian? Memang ide bisa datang di tempat tak terduga, contohnya di kamar mandi.

Kamu tidak sendiri, banyak orang sukses yang mendapatkan ide cemerlang saat berada di kamar mandi.

Salah satunya adalah Woody Allen. Penulis, aktor, dan sutradara papan atas ini sering mandi dengan shower untuk mendapatkan inspirasi. Terkadang, dia berada di bawah guyuran shower hampir 1 jam agar ide mengalir deras.

Meski terdengar aneh dan sekadar kebetulan, rupanya ada alasan ilmiah terkait hal tersebut, lho.

Ilustrasi mandi / Pexels.com
Ilustrasi mandi. (Pexels)

Dilaporkan dalam jurnal Thinking & Reasoning, ide-ide bakal muncul ketika kita berhenti memikirkannya dan membiarkan pikiran terbang bebas. Kedua hal itu bisa terjadi saat kita berada di kamar mandi.

Penjelasannya, saat berusaha menyelesaikan masalah, bagian lobus frontal otak akan sangat aktif. Hal ini pertanda baik sekaligus buruk karena di saat bersamaan otak bisa mengerjakan sesuatu dengan lancar dan bisa terjebak untuk mencari jalan keluar.

Nah, ketika kita berhenti memikirkan masalah tersebut dengan kondisi rileks saat di kamar mandi, membuat kerja lobus frontal otak menurun, dan mengaktivasi bagian otak lainnya, yakni anterior cingulate.

Dari sana lah ide-ide akan muncul, seperti keluar dari kotak yang tertutup alias out of the box.

Oleh sebab itu, kalau kamu sedang merasa buntu untuk menyelesaikan sesuatu, coba deh dibawa ke kamar mandi dan rileks sejenak. Siapa tahu, ide-ide brilian bakal muncul.

Berita Terkait

Berita Terkini