Bahaya, Mandi Setelah Berolahraga Berdampak Buruk

Meski bikin segar, rupanya tidak bikin badan lebih bugar.

By: Agung Pratnyawan icon Senin, 08 Oktober 2018 icon 19:32 WIB
Bahaya, Mandi Setelah Berolahraga Berdampak Buruk

Mandi setelah olahraga. (Unsplash)

Biasanya setelah berolahraga tubuh akan mengeluarkan banyak keringat. Situasi tersebut tidak jarang membuat orang ingin cepat-cepat mandi. Meski mandi setelah berolahraga memang menyegarkan, tapi saat keringat masih membanjiri permukaan kulit sangat tidak dianjurkan untuk mandi karena akan berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh. Apa saja? Yuk simak!

1. Penyempitan pembuluh darah

Usai berolahraga, pori-pori akan membuka untuk mengeluarkan keringat. Jika langsung mandi maka bisa menyebabkan menggigil yang merupakan efek dari pembuluh darah yang menyempit.

Baca Juga: Mengunyah Es Batu Memang Asyik tapi Ada Bahaya Mengintai

2. Risiko pusing

Ketika tubuh masih membutuhkan waktu untuk menurunkan suhu setelah berolahraga, langsung mandi setelahnya akan menjadi respon yang mengejutkan untuk tubuh. Sebab perubahan suhu yang terjadi teralu drastis, sehingga membuat tubuh kita terkejut dan mengakibatkan sakit kepala atau pusing.

Mandi setelah olahraga. (Unsplash)
Mandi setelah olahraga. (Unsplash)

 

Baca Juga: 4 Dampak Buruk Terlalu Lama Mandi

3. Terkena nyeri sendi atau rematik

Dua hal ini menjadi risiko yang paling sering dihadapi oleh mereka yang mandi setelah olahraga. Hal ini terjadi karena tubuh yang seharusnya mengeluarkan keringat hingga suhu tubuh kembali normal malah terhambat oleh air mandi. Efeknya bakal terasa hingga ke tulang dan sendi.

4. Risiko serangan jantung

Saat berolahraga, maka kerja jantung akan meningkat untuk memompa darah ke semua bagian tubuh. Oksigen dalam darah sangat dibutuhkan untuk mensuplai agar organ bisa bekerja melakukan fungsinya. Hal ini membuat suhu tubuh meningkat dan jika langsung mandi maka jantung akan mengalami shock sebagai akibat dari menurunnya tekanan darah secara drastis.

5. Risiko terkena flu

Segera mandi setelah berolahraga rupanya membuat daya tahan tubuh melemah. Pada kondisi ini tubuh bakal lebih rentan terhadap berbagai virus. Sebab pori-pori sedang terbuka lebar dan bisa menyerap bakteri serta virus saat mandi sehingga tubuh mudah terkena flu dan demam.

6. Menurunkan fungsi kelenjar keringat

Pori-pori yang terbuka saat berkeringat berfungsi agar bisa mengembalikan suhu tubuh ke kondisi normal melalui metode penghangatan. Namun ketika mandi saat masih berkeringat maka kelenjar keringat tidak bisa bekerja dengan normal sehingga fungsinya bisa mengalami penurunan nantinya.

Baca Juga: Ariana Grande dan Lush Bakal Rilis Bath Bomb God is a Woman

Itulah tadi alasan kenapa tidak disarankan untuk mandi setelah berolahraga. 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI