Lingkaran Hitam di Bawah Mata Memang Menyebalkan, Begini Cara Menghilangkannya

Berikut cara menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata alias masalah mata panda.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 30 Agustus 2022 icon 07:32 WIB
Lingkaran Hitam di Bawah Mata Memang Menyebalkan, Begini Cara Menghilangkannya

Ilustrasi mata panda. (Pexels/@Alexander Krivitskiy )

Momen ketika bercermin dan melihat ada lingkaran hitam di bawah mata memang menjadi hal yang membuat mood buruk. Lingkaran hitam di bawah mata pun terkadang membuat beberapa orang jadi tidak percaya diri.

Untungnya, ada banyak cara untuk menghilangkan masalah kulit satu ini. Bahkan, ada salah satu cara yang diklaim ampuh meski kamu tidak dapat tidur dengan nyenyak.

Dilansir dari The Sun, berikut cara menghilangkan mata panda dan penjelasan singkat mengenai lingkaran hitam di bawah mata.

Baca Juga: Biar Tampan Maksimal, Ini 3 Perawatan yang Paling Populer di Kalangan Pria

ilustrasi kulit wajah rusak (pexels.com/Karolina Grabowska)
ilustrasi kulit wajah rusak (pexels.com/Karolina Grabowska)

Apa penyebab mata panda?

Penyebab paling umum munculnya lingkaran hitam di bawah mata adalah kurang tidur. Menurut spesialis kulit Dr. Mary Sommerlad, kebiasaan tersebut bisa membuat wajah lebih pucat.

Seorang praktisi spesialis perawatan laser Genevieve Knodel juga mengatakan bahwa selain karena kurang tidur, paparan sinar matahari juga bisa menyebabkan terjadinya lingkaran hitam. Mata panda pun bisa terbentuk jika kadar zat besi rendah dan mengidap anemia.

Baca Juga: Cocok Untuk Gen Z, Ini Dia Pembersih Wajah Affordable untuk Semua Jenis Kulit

Bagaimana cara menghindari masalah lingkaran hitam di bawah mata?

Tentu saja para ahli merekomendasikan untuk lebih banyak tidur, makan-makanan yang kaya vitamin, tetap terhidrasi, dan melakukan rutinitas perawatan kulit yang baik.

Bagaimana cara menghilangkan mata panda?

Langkah pertama adalah melakukan chemical peel. Chemical peel adalah cara terbaik untuk memulihkan dan meremajakan kulit bawah mata karena mengandung asam yang membantu memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari serta membantu memperkuat kulit.

Kedua, lakukan cyspera. Cyspera adalah perawatan depigmentasi biologis yang dapat memberikan keajaiban bagi mereka yang mengalami hiperpigmentasi.

Baca Juga: Brand Ini Hadirkan Produk Kecantikan Berbahan Beras Premium YeoJu Asal Korea, Bikin Kulit Lebih Cerah dan Lembut

Terakhir, laser treatment. Perawatan laser juga termasuk pilihan terbaik untuk membuat perubahan pada tekstur kulit. Tidak cuma itu, perawatan satu ini juga bisa membantu memperbaiki masalah kerusakan kulit lainnya.

BERITA TERKAIT