Kulit Masih Sensitif, Ternyata Begini Cara Pilih Skincare Bayi yang Aman

Kulit bayi juga perlu dirawat agar lebih sehat dan terhindari dari risiko iritasi.

By: Hiromi Kyuna icon Selasa, 22 Agustus 2023 icon 17:24 WIB
Kulit Masih Sensitif, Ternyata Begini Cara Pilih Skincare Bayi yang Aman

ilustrasi bayi. (Pexels)

Bukan rahasia lagi bahwa kulit bayi sangat sensitif. Kendati demikian, bukan berarti bayi tak butuh menggunakan skincare (perawatan kulit).

Skincare untuk bayi umumnya dirancang khusus agar aman digunakan. Biasanya, skincare ini digunakan pada bayi untuk menjaga skin barrier atau pelindung kulit.

Tak heran, orang tua perlu berhati-hati dalam mencari skincare untuk buah hati. Pasalnya, salah memilih skincare bisa menyebabkan iritasi atau risiko lain pada bayi.

Baca Juga: 3 Kesalahan Menggunakan Skincare yang Paling Sering Terjadi, Bukannya Cantik Justru Picu Masalah Kulit

"Skin barrier pada bayi dan anak memang perlu dijaga sejak dini. Karena kulit bayi dan anak berbeda dengan kulit dewasa,” kata Dermatologist dr Matahari Arsy, SpKK saat konferensi pers di Jakarta, Sabtu (27/5/2023). dikutip dari Suara.com.

Tak seperti kulit orang dewasa, bayi memiliki pelembab alami yang lebih sedikit dan lebih tipis dibanding orang dewasa. Selain itu, kelenjar keringat pada kulit bayi juga kurang aktif, sel pigmen lebih sedikit, kolagen lebih sedikit, dan pH lebih basa.

Dengan demikian, kulit bayi lebih rentan mengalami iritasi dan faktor lain, seperti: suhu baik panas atau dingin, gesekan, atau zat kimia yang dioleskan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Klinik Kecantikan Aman dan Terpercaya, Jangan Sembarangan Pilih!

Skin barrier yang terjaga dapat melindungi kulit anak agar lebih sehat dan mengurangi risiko iritasi, alergi, atau bahkan infeksi.

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit si kecil agar tidak mudah iritasi dan tetap terjaga kesehatan dan kelembapannya adalah rutin menggunakan krim pada wajah dan badan bayi.

“Untuk memilih produk bagi si kecil, tentunya para orang tua harus cermat, tepat dan pintar. Kita harus detail melihat isi kandungan apa saja yang terdapat dalam suatu produk skin care. Salah satu contoh kandungan yang aman dan baik untuk menjaga skin barrier si kecil misalnya Ceramide, Chamomile, Niacinamide & Hyaluronic Acid,” terang dr Matahari Arsy.

Baca Juga: Rekomendasi Serum Lokal Murah

Bahan-bahan yang disebutkan oleh dr Matahari Arsy dikenal aman untuk anak-anak asalkan tak berlebihan. Anda juga bisa memilih skincare khusus untuk bayi yang banyak dijual di pasaran.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI