Serupa tapi Tak Sama, Ketahui Perbedaan Klaim Whitening, Brightening, dan Lightening

Brightening, whitening, dan lightening sebenarnya memiliki hasil akhir yang berbeda, lho!

By: Hiromi Kyuna icon Kamis, 24 Agustus 2023 icon 15:54 WIB
Serupa tapi Tak Sama, Ketahui Perbedaan Klaim Whitening, Brightening, dan Lightening

Ilustrasi skincare

Kulit putih sering kali menjadi standar kecantikan bagi sejumlah orang di Indonesia. Tak heran, skincare dengan klaim whitening, brightening, hingga lightening cukup marak di Indonesia.

Meski sekilar kelihatan serupa, whiteing, brightening, dan lightening merupakan hal yang berbeda. Banyak yang mengira 3 klaim itu adalah untuk memutihkan kulit wajah.

Padahal, whitening, brightening, dan lightening merupakan hasil yang berbeda. Tahukah kamu apa perbedaan dari 3 hal tersebut.

Baca Juga: Skincare Lendir Bikin Yuni Shara Awet Muda, Jadi Andalan Sejak Usia 45 Tahun

Mengutip dari essence.com, tiga hal tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Apa saja ya? Yuk kita simak!

ilustrasi skincare/pinterest
ilustrasi skincare/pinterest

 

1. Whitening

Baca Juga: Hukum Pria Pakai Skincare dalam Islam, Haram atau Tidak?

Klaim whitening atau memutihkan dapat membuat kulit terlihat 2 sampai 3 tingkat lebih cerah. Klaim ini umumnya dapat dijumpai di dalam krim atau lotion pemutih.

Whitening sebenarnya merupakan proses bleaching kulit dan kerap kali memiliki bahan yang cukup keras. Dengan demikian, penggunaan produk dengan klaim whitening pada kulit sensitif harus sangat diperhatikan.

Pastikan produk yang Anda gunakan sudah mendapat izin resmi BPOM dan menggunakan bahan yang dipastikan aman untuk kulit.

2. Brightening

Sesuai dengan namanya, klaim brightening akan mencerahkan kulit. Klaim ini kerap disebut pada produk pencuci wajah.

Tak seperti whitening yang bisa membuat kulit 2 sampai 3 tingkat lebih cerah, brightening akan membuat kulit tak kusam dan lebih berseri meski masih di tingkat warna kulit yang sama. Klaim ini umumnya menggunakan bahan yang lebih alami sehingga aman untuk kulit.

3. Lightening

Klaim lightening umumnya ada di produk serum atau sunscreen. Klaim pada produk ini memiliki arti dapat membantu memudarkan atau menyamarkan noda hitam pada wajah yang diakibatkan paparan sinar matahari, bekas jerawat, atau bahkan lingkar mata yang menghitam.

Baca Juga: 3 Kunci Diet Skincare, Begini Cara Melakukannya agar Kulit Tetap Glowing Paripurna

Itulah perbedaan antara whitening, brightening, dan lightening. Pilihlah skincare dengan klaim yang sesuai dengan kebutuhanmu, ya! Pastikan skincare menggunakan bahan yang aman dan telah terdaftar di BPOM.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI