Jangan Remehkan! 9 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Merusak Kulit

Ada beberapa kebiasan buruk yang terkesan sepele, padahal bisa merusak kulit. Apa saja?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 27 Agustus 2023 icon 11:02 WIB
Jangan Remehkan! 9 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Merusak Kulit

Penggunaan sunscreen bermanfaat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (Unsplash/qi bin)

Suka rajin pakai skincare tapi kondisi kulit tak kunjung membaik? Bisa jadi penyebabnya adalah beberapa kebiasaan buruk yang tanda Anda sadari merusak kulit.

Merangkum Times of India, inilah sejumlah kebiasan buruk yang merusak kulit sehingga lebih baik dihindari saja.

1. Tidur tanpa membersihkan riasan

Baca Juga: Rekomendasi 6 Skincare untuk Menghilangkan Flek Hitam, Kulit Jadi Lebih Cerah dan Sehat

Riasan yang tak dibersihkan sebelum tidur akan menyumbat pori-pori serta memicu jerawat dan kulit kusam. Oleh karenanya, selalu biasakan untuk membersihkan wajah sebelum tidur.

2. Mencuci wajah secara berlebihan

Tahapan ini memang penting, tapi melakukannya secara berlebihan malah akan menghilangkan minyak alami dan mengganggu kelembapan kulit. Bersihkan wajah dua kali sehari, pagi dan sore. Pilih produk pembersih sesuai jenis dan kebutuhan kulit.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sabun Cuci Wajah untuk Tangkal Dampak Polusi, Semua di Bawah Rp50 Ribu!

3. Melewatkan pelembap

Pelembap bertugas menjaga kulit tetap terhidrasi dan sehat. Mengabaikan pentingnya pelembap dapat menyebabkan kulit kering, mengelupas, hingga meningkatkan produksi minyak. Tentu saja pilih pelembap yang sesuai kebutuhan kulit dan aplikasikan setiap hari.

4. Menggunakan produk perawatan kulit dengan bahan yang keras

Produk skincare tertentu mungkin mengandung bahan keras seperti alkohol, pewangi, dan sulfat yang dapat mengiritasi kulit. Anda mesti cermat dan hati-hati, terutama jika mempunyai kulit sensitif.

5. Memencet jerawat

kebiasaa buruk Iii bisa menyebabkan peradangan dan penyebaran bakteri. Cara terbaik adalah meminta bantuan profesional, yakni mengunjungi salon atau klinik kecantikan.

6. Malas eksfoliasi

Eksfoliasi berfungsi membantu mengangkat sel kulit mati.Hanya saja, eksfoliasi berlebihan atau penggunaan scrub yang keras akan merusak kulit. Jadi, gunakan eksfoliator lembut dan cukup gunakan 1-2 kali sepekan, tergantung kebutuhan kulit.

7. Mengabaikan perawatan leher

Bagian leher sering terabaikan dalam rutinitas perawatan kulit, padahal juga rentan terhadap tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan kerusakan akibat paparan sinar matahari. Jadi, jangan lupa oleskan pelembap dan tabir surya di bagian leher.

8. Membersihkan wajah dengan air panas

Tindakan ini Kebiasaan buruk ini bisa menghilangkan minyak alami sehingga memicu kulit kering dan iritasi. Pilih air hangat saat membersihkan wajah untuk menjaga kelembapannya.

9. Tak pakai tabir surya

Jika Anda sering mengabaikan tabir surya, itu adalah kesalahan besar. Paparan sinar matahari perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan sensasi kulit terbakar, penuaan dini, hingga peningkatan risiko kanker kulit.

Baca Juga: Serupa tapi Tak Sama, Ketahui Perbedaan Klaim Whitening, Brightening, dan Lightening

Jangan pernah lupa menggunakan tabir surya dengan setidaknya SPF 30 sebelum beraktivitas di luar ruangan, bahkan ketika hari berawan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI