Bikin Nggak Percaya Diri, Yuk Cari Tahu Penyebab dan Perawatan Tepat Rambut Rontok dan Ketombe

Rambut rontok dan ketombe nggak cuma masalah kesehatan, tetapi juga memengaruhi kepercayaan diri seseorang.

By: Ririn Indriani icon Minggu, 27 Agustus 2023 icon 09:42 WIB
Bikin Nggak Percaya Diri, Yuk Cari Tahu Penyebab dan Perawatan Tepat Rambut Rontok dan Ketombe

Ilustrasi rambut rontok dan berketombe. (Shutterstock)

Kalian terutama yang mengalami rambut rontok dan ketombe wajib tahu penyebab dan cara perawatannya secara tepat.

Rambut rontok dan ketombe memang bikin nggak percaya dini lantaran bisa mengganggu penampilan. Apalagi kalau mengenakan baju hitam, duh itu ketombe keliatan banget menempel di baju yang bikin kalian langsung minder.

Perasaan serupa bisa kalian alami pula bila mengalami rambut rontok, terlebih bila keluhannya cukup parah. Duh, rambut bisa menipis yang ujung-ujungnya bisa mengalami kebotakan lho!

Baca Juga: Perawatan Rambut Sehat ala Deepika Padukone, Simpel Banget Pakai Minyak Kelapa

Berbicara soal rambut rontok, orang biasanya kehilangan 50 hingga 100 helai rambut sehari. Kondisi ini sebenarnya normal atau wajar selama disaat yang bersamaan rambut baru tumbuh, sehingga tidak menyebabkan penipisan rambut atau kebotakan.

Namun bila kerontokan rambut tidak diimbangi dengan tumbuhnya rambut baru, tentu saja jadi masalah. Rambut bisa menipis yang pada gilirannya terjadi kebotakan.

Yang menjadi pertanyaan apa sih penyebab rambut rontok. Mengutip laman Mayo Clinic, Brand Manager of Mylea Hair Care System, Eiliane Angela mengatakan faktor keturunan, perubahan hormonal, kondisi medis dan bagian normal dari proses penuaan adalah beberapa penyebabnya.

Baca Juga: Bantu Lawan Rambut Rontok dan Patah, Produk Ini Mengandung Ginger Root, Edelweiss Native Cells, dan Aminexil 1,5%

“Bila kerontokan rambut terus terjadi, saya menyarankan segera cari tahu akar permasalahannya agar bisa ditangani dengan tepat sedini mungkin,” kata Brand Manager of Mylea Hair Care System, Eiliane Angela saat peluncuran Mylea Hair Care System di Jakarta, Kamis (24/8/2023).

Itu pula yang perlu kalian lakukan bila mengalami ketombe: kondisi kulit kepala yang ditandai dengan pengelupasan stratum korneum, menyebabkan putih kecil atau serpihan abu-abu di rambut dan kulit kepala, biasanya disertai rasa gatal.

Ketombe, kata perempuan yang akrab disapa Angela, bisa terjadi dalam kondisi ringan dari dermatitis seboroik yang tidak terlihat peradangan klinis dan terbatas pada kulit kepala.

Peluncuran Mylea Hair Care System di Jakarta, Kamis (24/8/2023). (Foto: Istimewa)
Peluncuran Mylea Hair Care System di Jakarta, Kamis (24/8/2023). (Foto: Istimewa)

Mengatasi masalah rambut seperti ketombe dan rambut rontok tersebut tentu perlu perawatan secara menyeluruh. Menjawab hal itu, Mylea Hair Care System, merek perawatan rambut dari PT Ikapharmindo Putramas hadir untuk mengatasi masalah rambut tersebut.

Rangkaian perawatan rambut ini sebelumnya dikenal dengan nama Mylea, kini bertransformasi menjadi Mylea Hair Care Syste dengan kandungan yang lebih teruji, packaging yang lebih simple dan travel friendly dan menggunakan Hairceutical Technology ntuk mengatasi setiap masalah rambut.

Rangkaian produk perawatan rambut tersebut juga dapat membantu mengatasi masalah rambut untuk pria maupun wanita.

"Produk ini menggunakan Hairceutical, teknologi yang menggabungkan hair care dan hasil penelitian pharmaceutical sehingga menghasilkan produk dengan medicated grade," tambahnya.

Angela mengemukakan rangkaian produk perawatan rambutnya ini terdiri dari tiga varian yaitu Intensive Series, Ginseng Series dan Anti Dandruff Series. Intensive series diformulasikan khusus dengan hero ingredients Chamomile Flower extract, Horsetail dan Niacinamide yang berfungsi untuk mengatasi kerontokan rambut parah dan melembutkan kembali rambut rusak dan kering akibat proses styling maupun proses chemical.

Intensive series terdiri dari 3 step yaitu Step 1 Shampoo, Step 2 Daily Instant Mask dan Step 3 Hair Tonic. Kedua yaitu Ginseng Series diformulasikan khusus dengan hero ingredients Ginseng Extract, Biotin dan Salicylic Acid untuk menguatkan akar rambut dan menebalkan helaian rambut sehingga membuat rambut yang tipis menjadi lebih bervolume.

Ginseng series terdiri dari 3 step yaitu Step 1 Shampoo, Step 2 Daily Instant Mask dan Step 3 Hair Tonic. Ketiga adalah Anti Dandruff Series yang diformulasikan khusus dengan hero ingredients Arnica Flower Extract, Piroctone Olamine dan Salicylic Acid untuk rambut berminyak, berketombe basah atau kering dan dermatitis seboroik ringan.

Anti Dandruff series terdiri dari 3 step yaitu Step 1 Shampoo, Step 2 Daily Scalp Treatment dan Step 3 Hair Tonic. "Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kami menganjurkan untuk menggunakan secara satu rangkaian lengkap dari step 1 sampai step 3, karena kandungan yang ada di dalam rangkaian ini saling berhubungan dan melengkapi" ungkap Business Development Manager & Technical Manager of PT Ikapharmindo Putramas, Cah Ayu Thea.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa semua produk perawatan rambutnya sudah BPOM, Halal dan silicone free sehingga aman untuk Busui maupun Bumil.

"Hal ini membuat para ibu hamil dan menyusui tak khawatir lagi untuk tetap melakukan perawatan rambut, apalagi seringkali wanita mengalami kerontokan rambut pasca-melahirkan,” jelas Cah Ayu.

Selain itu, rangkaian produk perawataan rambutnya itu, lanjut dia, meng-upgrade active ingredients dan kemasannya.

“Kami membuat kemasan lebih simple dan travel friendly, dari sisi formula kami juga menggunakan hasil penelitian terbaru dengan menggunakan ingredients yang teruji," kata Cah Ayu.

Baca Juga: Grey Coverage Semakin Diminati, Warna Rambut yang Lebih Fashionable Mulai Dilirik

Rangkaian perawatan rambutnya ini juga berkesinambungan dan saling melengkapi sehingga sangat dianjurkan digunakan secara serangkaian sekaligus agar mendapatkan hasil maksimal.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI