6 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah, Tak Seribet yang Dibayangkan

Pori-pori wajah yang membesar bisa membuat seseorang jadi kurang percaya diri. Bagaimana cara mengecilkan pori-pori wajah yang aman?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 02 September 2023 icon 11:53 WIB
6 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah, Tak Seribet yang Dibayangkan

Ilustrasi perawatan masker wajah (Pexels/RF._.studio)

Penampakan pori-pori wajah yang besar mungkin menjadi masalah bagi banyak orang. Kondisi ini bisa membuat wajah tampak tidak rata dan kasar.

Pori-pori besar juga rentan terhadap masalah kulit seperti komedo dan jerawat. Kalau ingin mengatasi masalah kulit satu ini, berikut deretan cara mudah mengecilkan pori-pori wajah.

1. Membersihkan Wajah secara Rutin

Baca Juga: Jennifer Aninston Coba Perawatan dengan Sperma Salmon, Dipercaya Bisa Bikin Awet Muda

Langkah pertama, jaga kebersihan kulit. Membersihkan wajah secara rutin bakal membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori.

Tentu bakal lebih baik jika kamu menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Hindari menggosok wajah terlalu keras karena hal itu bisa merusak kulit.

2. Gunakan Toner

Baca Juga: Skincare Bisa Cegah Kerusakan Kulit akibat Polusi, Simak 4 Tips Memilih Produk yang Tepat

Setelah membersihkan wajah, tahap berikutnya adalah menggunakan toner untuk mengencangkan pori-pori dan mengontrol produksi minyak.

Toner mengandung bahan-bahan kaya khasiat seperti asam salisilat atau asam alfa hidroksi yang membantu membersihkan pori-pori secara lebih dalam. Oleskan toner dengan lembut menggunakan kapas pada seluruh wajah, terutama area yang memiliki pori-pori besar.

3. Clay Mask

Clay mask termasuk jenis masker wajah yang dapat membantu mengecilkan pori-pori wajah dengan menghilangkan kelebihan minyak dan mengangkat kotoran yang terperangkap di dalamnya.

Pilih masker dengan kandungan seperti lumpur vulkanik, karbon aktif, atau tanah liat bentonit. Gunakan secara teratur dan tentunya sesuai petunjuk pada kemasan agar mendapatkan hasil optimal.

4. Chemical Peeling

Chemical Peeling termasuk metode paling efektif untuk mengecilkan pori-pori wajah. Prosedur ini membantu mengangkat lapisan atas kulit yang mengandung sel kulit mati, minyak berlebih, dan kotoran yang menyumbat pori-pori.

Hanya saja, sebaiknya konsultasikan dengan ahli kecantikan atau dermatolog sebelum menggunakan perawatan satu ini, apalagi jika kamu punya kulit sensitif.

5. Tabir Surya

Paparan sinar matahari yang berlebihan berpotensi merusak elastisitas kulit dan membuat pori-pori wajah kian membesar. Selalu gunakan tabir surya setiap hari, bahkan saat cuaca tidak terlalu terik. Pilihlah produk dengan SPF tinggi dan sesuaikan dengan jenis kulitmu.

6. Konsumsi Makanan Sehat dan Minum Air Putih

Baca Juga: 6 Tips Memilih Krim Penghilang Bekas Jerawat, Jangan Asal Pakai Produk Viral

Asupan nutrisi yang baik sangat penting untuk kesehatan kulit. Konsumsi makanan sehat kaya vitamin, mineral, dan antioksidan akan membantu menjaga elastisitas kulit, termasuk mengurangi ukuran pori-pori. 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI