Bagaimana Hukum Wudhu Tanpa Menghapus Makeup? Ini Syaratnya agar Tetap Sah

Malas menghapus makeup sebelum salat? Pahami hukum wudhu tanpa menghapus makeup dalam Islam.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 06 September 2023 icon 15:49 WIB
Bagaimana Hukum Wudhu Tanpa Menghapus Makeup? Ini Syaratnya agar Tetap Sah

Perempuan berhijab. (Unsplash/Ifrah Akhter)

Makeup waterproof biasanya jadi andalan banyak orang yang menginginkan riasan tahan lama sehingga tidak perlu repot-repot retouch. Namun, bagaimana saat kamu harus wudhu sebelum salat? Seperti apa hukum wudhu tanpa menghapus makeup?

Selain skincare, makeup telah menjadi kebutuhan krusial bagi banyak orang. Hanya saja, tidak sedikit juga yang bertanya-tanya tentang penggunaan riasan wajah saat akan melaksanakan ibadah salat. Ada kekhawatiran bahwa air wudhu tidak meresap.

Bagaimana hukum Islam memandang permasalahan ini? Agar tidak bingung lagi, simak ulasan di bawah ini.

Baca Juga: Bisa Awet Seharian, Intip 5 Tips Makeup Tahan Lama Tanpa Crack!

Apa Hukum Wudhu Tanpa Menghapus Makeup?

Dikutip dari laman Konsultasi Syariah, membasahi anggota tubuh ketika berwudhu adalah kewajiban. Bahkan, pernah suatu waktu Nabi menyuruh seseorang mengulang wudhu karena ada bagian anggota tubuh yang tak terbasahi.

Khalid bin Mi’dan menceritakan salah satu kisah Nabi tersebut:

Baca Juga: Lupa Booking MUA untuk Acara Penting, Prilly Latuconsina Bagikan Tutorial Makeup Glam Look Simpel

"Rasulullah pernah melihat seseorang sholat sedangkan punggung kakinya mengkilap karena tidak terbasuh air wudhu seukuran sekeping dirham. Alhasil, Nabi Muhammad menyuruhnya mengulang kembali wudhunya." (HR Iman Ahmad dan Abu Dawud)

Bicara soal makeup waterproof, produk kecantikan ini memang diformulasikan supaya tahan terhadap air, bahkan keringat. Oleh karenanya, bisa disimpulkan bahwa hukum wudhu tanpa menghapus makeup adalah tidak sah.

Kamu dianjurkan untuk menghapus makeup sebelum wudhu. Anjuran ini sebagaimana yang disebutkan Syekh Abdulaziz Ibnu Baz-rahimahullah:

"Jika makeup mempunyai bentuk fisik (membentuk paisan) sehingga menghalangi sampainya air ke anggota tubuh, maka harus dihilangkan."

Kendati anjuran itu memang banyak membahas hukumnya pada makeup waterproof, kamu tetap dianjurkan untuk menghapus segala bentuk riasan sebelum berwudhu.

Dalam sebuah video kajian yang diunggah di kanal YouTube Al-Bahjah TV, Buya Yahya menyebutkan bahwa saat air berubah atau bercampur dengan riasan, itu tak bisa digunakan untuk berwudhu. 

Baca Juga: Terungkap Harga Makeup Prilly Latuconsina, Totalnya Senilai Ponsel Baru!

Namun, lain halnya dengan sisa warna dari bahan alami seperti kunir atau tinta bekas coblosan. Ini karena warna dari dua hal tersebut tak mengubah warna air, berbeda dengan lapisan makeup.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI