Sunscreen SPF Palsu Bikin Khawatir, 2 Hal Ini Wajib Diperhatikan saat Memilih Tabir Surya

Penggunaan Sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari sinar UV hingga menghambat penuaan dini dan mencegah kanker kulit.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 06 September 2023 icon 19:49 WIB
Sunscreen SPF Palsu Bikin Khawatir, 2 Hal Ini Wajib Diperhatikan saat Memilih Tabir Surya

Produk sunscreen dari brand asal Prancis, Unitary. (Instagram/unitaryfrance_id)

Belum lama ini, para pecinta skincare dihebohkan dengan skandal SPF palsu pada produk sunscreen. Tak dipungkiri, hal tersebut membuat banyak orang waswas.

Sunscreen digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Produk kecantikan ini juga bisa menghambat penuaan dini hingga mencegah kanker kulit.

Dikutip dari siaran pers Unitary, ada dua hal yang perlu diperhatikan konsumen saat memilih sunscreen.

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Jerawat Muncul Lagi, Ampuh Tanpa Pakai Obat-obatan Aneh

1. Perhatikan Klaim SPF

Kandungan sun protection factor (SPF) jelas penting untuk dipertimbangkan. Faktor ini dapat diidentifikasi sebagai tanda kemampuan suatu produk sunscreen dalam menangkal sinar UV.

SPF biasanya tercantum di label kemasan dan punya tingkat yang berbeda. SPF 15 hanya bisa menahan 93 persen radiasi sinar UVB selama 2,5 jam di luar ruangan. SPF 30 mampu menahan 97 persen radiasi dengan tingkat ketahanan 5 jam.

Baca Juga: Tak Sulit, Ternyata Ini Cara Nagita Slavina Lindungi Kulit dari Paparan Polusi Udara

SPF 50 sangat direkomendasikan untuk traveling atau sering beraktivitas di luar ruangan karena mampu menahan sinar UVB hingga 8 jam.

Kamu sebaiknya memilih tabir surya yang mempunyai laporan pengujian merek oleh organisasi yang berintegritas tinggi.

Dilihat dari data saat ini, pemasok bahan baku kosmetik terkenal di dunia antara lain BASF dari Jerman, Royal DSM dari Belanda, Evonik dari Jerman, Givaudan dari Swiss, Dow Chemical dari Amerika Serikat, Firmenich dari Swiss, Solvay dari Belgia, dan Lonza Swiss.

Di antara pemasok bahan baku kosmetik tersebut, agen filter UV yang paling terkenal adalah Royal DSM dari Belanda.

Unitary adalah brand Perancis yang fokus pada produk sunscreen profesional. Agen filter UV inti dari semua produk sunscreen Unitary berasal dari DSM.

Unitary berkomitmen penuh pada transparansi nilai kandungan sunscreen dan secara aktif memberikan laporan pemeriksaan resmi dan sertifikat BPOM mengenai nilai tabir surya.

2. Pilih Sunscreen sesuai Jenis Kulit dan Ramah Lingkungan

Unitary menawarkan produk sunscreen yang aman untuk jenis kulit kering, kulit berminyak, kulit campuran, dan kulit sensitif.

Menariknya lagi, brand ini juga berkomitmen untuk melindungi laut dan terumbu karang. Unitary sendiri ternyata didirikan Dr. Sophie, seorang ahli biologi kelautan yang fokus penelitiannya adalah perlindungan dan pembangunan berkelanjutan lingkungan laut.

"Untuk membuat produk kami lebih aman dan andal, kami menggunakan bahan-bahan alami dan tidak beracun dalam produk kami. Kami berkomitmen untuk memungkinkan semua orang bermain bebas di bawah sinar matahari tanpa khawatir akan kerusakan kulit akibat sinar matahari," ujar Vayanadela Murbarani selaku Brand Representative Unitary, Rabu (6/9/2023).

Vayanadela melanjutkan, Unitary terus mengeksplorasi teknologi, formulasi, dan desain baru untuk memenuhi perubahan kebutuhan konsumen.

Baca Juga: 5 Manfaat Skincare untuk Pria, Makin Ganteng Bonus Kulit Sehat

"Kami percaya bahwa hanya dengan menyediakan produk perawatan dan perlindungan dari sinar matahari terbaik kepada konsumen, kami dapat benar-benar mencapai misi kami dalam memberikan kebebasan kepada semua orang untuk menikmati sinar matahari," tuturnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI