6 Manfaat Air Wudhu untuk Kecantikan, Ternyata Bukan Cuma Bercandaan

Sering dijadikan guyonan, ternyata memang ada begitu banyak manfaat air wudhu untuk kecantikan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 09 September 2023 icon 14:59 WIB
6 Manfaat Air Wudhu untuk Kecantikan, Ternyata Bukan Cuma Bercandaan

Perempuan berhijab. (Unsplash/Katsiaryna Endruszkiewicz)

Selama ini, banyak orang menyebut air wudhu sebagai rahasia kecantikan, tapi mengatakannya dengan nada bercanda. Menariknya, hal tersebut ternyata bukan hanya sekedar mitos.

Tak dipungkiri, orang-orang masih mempertanyakan apakah air wudhu memang dapat membuat seseorang menjadi cantik. Merangkum berbagai sumber, inilah beberapa manfaat wudhu untuk kecantikan maupun kesehatan.

Air wudhu merupakan air suci yang digunakan umat Muslim dalam ritual bersuci sebelum beribadah. Selain bermakna religius, air wudhu juga mempunyai manfaat yang luar biasa untuk kecantikan.

Baca Juga: Sunscreen SPF Palsu Bikin Khawatir, 2 Hal Ini Wajib Diperhatikan saat Memilih Tabir Surya

Membersihkan Kulit

Air wudhu mempunyai sifat pembersih yang akan membersihkan kulit secara menyeluruh. Ketika berwudhu, kamu akan mencuci wajah, tangan, lengan, dan kaki dengan air yang segar.

Proses itu pada dasarnya membantu menghilangkan kotoran, debu, minyak berlebih, dan racun dari permukaan kulit. Dengan membersihkan kulit secara teratur memakai air wudhu, kamu bisa menjaga kulit tetap bersih dan segar.

Baca Juga: 4 Makeup untuk Pemula, Ini Rekomendasi MUA Profesional

Mencegah Jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang sering kali disebabkan kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori. Air wudhu bisa membantu mengatasinya dengan membersihkan kulit secara mendalam dan menghilangkan kotoran serta minyak berlebih.

Wudhu juga bisa membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit yang dapat mengurangi munculnya jerawat.

Menyegarkan Kulit

Air wudhu mempunyai efek penyegaran pada kulit. Ketika wudhu, air yang mengalir melalui wajah dan anggota tubuh memberikan sensasi kesegaran dan kelembapan kulit.

Hal ini ternyata juga bisa membantu meremajakan kulit serta memberikan tampilan yang lebih segar dan bercahaya.

Membantu Menghidrasi Kulit

Air wudhu, walau dipakai untuk membersihkan kulit, juga punya efek hidrasi. Air untuk berwudhu akan memberikan kelembapan pada kulit dan mencegah dehidrasi. Ini sangat penting untuk menjaga kulit tetap lembut dan halus.

Membantu Mengurangi Peradangan Kulit

Air wudhu punya efek menenangkan dan bisa membantu mengurangi peradangan kulit. Jika kamu mempunyai kulit sensitif atau mengalami iritasi, wudhu dengan air dingin atau hangat bisa memberikan kelegaan dan mengurangi kemerahan atau peradangan yang ada.

Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat air wudhu berikutnya adalah membantu meningkatkan konsentrasi dan ketenangan pikiran. Saat wudhu, kamu terlibat dalam proses yang tenang dan reflektif sehingga membantumu membersihkan pikiran dari stres dan kegelisahan.

Baca Juga: 7 Cara Mencerahkan Ketiak yang Aman dan Efektif, Jangan Pakai Krim Abal-Abal!

Pikiran yang tenang dan fokus bisa berdampak positif pada kesehatan dan tentunya kecantikan kulit.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI