7 Cara Ampuh Melawan Kebiasaan Suka Menunda dalam Urusan Kencan dan Hubungan Asmara

Cinta membutuhkan usaha dan kerja sama dari dua orang. Tidak ada ruang bagi orang yang suka menunda-nunda dalam sebuah hubungan yang sehat.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 09 September 2023 icon 10:54 WIB
7 Cara Ampuh Melawan Kebiasaan Suka Menunda dalam Urusan Kencan dan Hubungan Asmara

Ilustrasi Pasangan (Pexels/Tan Danh)

Prokrastinasi atau kebiasaan menunda memiliki dampak yang signifikan dan luas dalam berbagai aspek, termasuk asmara. Bagaimana cara mengatasinya?

CEO Lunch Actually, Violet Lim, menyarankan orang-orang untuk bersikap lebih proaktif dalam menjalin hubungan. Jangan menunda-nunda apa pun yang pada akhirnya bisa membahayakan hubungan asmara.

"Cinta membutuhkan usaha dan kerja sama dari dua orang. Hubungan tidak akan bertahan lama jika salah satu pasangan berusaha keras untuk mewujudkan hubungan impiannya dengan mempersiapkan segala sesuatunya, namun pasangannya tetap menunda atau tidak menepati janji," ungkap Violet, dikutip dari siaran pers.

Baca Juga: 7 Tanda Mati Rasa, Sering Terjadi dalam Hubungan Asmara

Untuk menghindari penundaan dalam berkencan dan menjalin hubungan, Violet memberikan beberapa saran yang bisa coba diterapkan.

Tetapkan Tujuan yang Jelas

Tetapkan tujuan hubungan jangka panjang. Tetaplah termotivasi dan fokus untuk berkontribusi dalam mencapai tujuan tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Deep Talk? Ini 5 Manfaat Obrolan Mendalam dengan Pasangan

Buat Jadwal

Jadikanlah hubungan tersebut sebagai prioritas yang sama pentingnya dengan komitmen lain. Luangkan waktu untuk berkencan, komunikasi, dan quality time dengan pasangan pada waktu tertentu.

Prioritaskan Komunikasi

Suka menunda dapat menyebabkan kesalahpahaman atau hilangnya peluang dalam sebuah hubungan. Dibutuhkan komunikasi yang konstan dan jujur terlebih jika sedang ada masalah. Daripada mengabaikan, segera atasi masalah tersebut.

Mengambil inisiatif

Jangan selalu menunggu orang lain memulai pembicaraan atau membuat janji. Mulailah untuk menunjukkan ketertarikan dan pertahankan momentum sebagai seseorang yang mengambil inisiatif terlebih dahulu.

Waspadai tanda bahaya (red flag)

Mengabaikan red flag dapat mengakibatkan masalah yang lebih buruk di kemudian hari. Pertimbangkan dan ungkapkan penyebab kebiasaan suka menunda dalam hal kencan atau hubungan.

Apakah ini karena kamu khawatir, tidak yakin, atau tidak tertarik? Kamu bisa berhasil dalam mengatasi masalah ini jika dapat memahami perasaan yang mendasarinya.

Rayakan jika Ada Kemajuan

Jika ada sedikit kemajuan dalam hubungan, rayakanlah. Setelah melakukan sesuatu demi sebuah hubungan dan langkah tersebut berhasil, anggaplah itu sebagai sebuah pencapaian dalam pencarian cinta. Tidak peduli seberapa besar-kecilnya, rayakan pencapaian tersebut untuk menjaga motivasi.

Belajar dari Pengalaman

Pertimbangkan kemungkinan penyebab dari kecenderungan untuk menunda-nunda yang memengaruhi hubungan. Ingat lagi bagaimana hubungan sebelumnya untuk menemukan masalah yang berulang.

Hindari menunda sesuatu karena takut akan hal yang belum diketahui atau ekspektasi tidak realistis dengan tetap berpikiran terbuka.

Baca Juga: Gaya Pacaran 5 Zodiak Ini Ternyata Jadul Banget, Ada yang Masih Suka Surat-suratan

"Ingatlah bahwa untuk memelihara sebuah hubungan yang sehat memerlukan upaya dan komitmen. Menerapkan teknik-teknik di atas, dan tetap proaktif dapat membantu orang yang suka menunda-nunda untuk tetap bisa menjalankan kehidupan dengan wajar, mencegah penundaan, dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan orang lain," tutur Violet.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI