4 Cara Mencuci Bra yang Benar, Apakah Boleh Pakai Mesin Cuci?

Supaya bersih dan tidak mudah rusak, bagaimana cara mencuci bra yang benar? Amankah jika menggunakan mesin cuci?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 12 September 2023 icon 16:58 WIB
4 Cara Mencuci Bra yang Benar, Apakah Boleh Pakai Mesin Cuci?

Ilustrasi Pakaian Dalam Wanita (Pexels/cottonbro)

Menjaga kebersihan pakaian dalam seperti bra jelas penting untuk dilakukan. Hal ini mengingat penggunaan bra langsung menempel ke kulit dan gampang kotor karena keringat. Itulah mengapa kamu perlu mengetahui cara mencuci bra yang benar.

Tak cuma kelihatan bersih, kamu harus mencuci bra dengan benar agar pakaian dalam ini tidak mudah kendor dan tetap awet. Melansir Clean Pedia, di bawah ini tips dan cara mencuci bra yang bisa kamu ikuti.

Pisahkan bra dengan pakaian lainnya

Baca Juga: Hijau Perlu Dihindari, Ternyata Ini Arti Warna Pakaian Dalam Wanita

Entah pakai mesin cuci maupun manual dengan tangan, pastikan untuk tidak mencuci bra bersama pakaian lainnya. Selain memudahkan prosesnya, langkah ini juga meminimalkan risiko kaitan bra tersangkut ke pakaian lain sehingga menimbulkan kerusakan.

Gunakan air dengan suhu yang sesuai

Air panas memang diyakini ampuh mengangkat kotoran, tapi bisa mengurangi elastisitas bra sehingga lama-lama akan terasa kurang nyaman saat dipakai. Sebaiknya pilihlah air hangat untuk mencuci bra yang terlihat kotor atau sangat berkeringat.

Baca Juga: 4 Tips Belanja Pakaian Dalam secara Online, Bukan Cuma soal Harga

Jika bra terlihat tidak bernoda, cukup cuci dengan air biasa. Kalau memungkinkanm cucilah bagian kawat dengan air dingin agar tak mudah rusak.

Selain itu, sebelumnya pastikan kamu sudah melihat label pada bra untuk memastikan ada tidaknya petunjuk khusus yang perlu diikuti.

Memakai deterjen secukupnya

Agar kotoran terangkat secara menyeluruh, tambahkan deterjen, khususnya pada area yang tampak kotor. Walau demikian, jangan pakai terlalu banyak deterjen juga karena hanya akan meninggalkan noda residu.

Kalau kamu punya kulit sensitif, pastikan memilih deterjen yang tidak terlalu reaktif. Kamu juga bisa menggunakan sarung tangan karet saat mencuci.

Jemur bra yang telah dicuci sampai kering

Jemur dengan cara menggantungkannya sehingga seluruh bagian bra dapat terkena angin dan cahaya matahari secara langsung. Walau bikin lebih cepat kering, hindari penggunaan panas dari pengering rambut karena bakal membuat bra kehilangan elastisitasnya.

Lebih baik Mmencuci bra dengan tangan atau mesin cuci?

Kuncinya adalah melihat label yang ada. Cari tahu indo tentang apakah bra tersebut bisa dicuci dengan mesin cuci atau lebih baik manual pakai tangan saja.

Kebanyakan produk bra memang aman untuk dimasukkan ke mesin cuci, tapi tetap lebih baik dicuci dengan tangan, terutama jenis bra yang berenda dan berkawat. Pasalnya, bra jenis itu gampang tersangkut dalam tabung mesin cuci dan pakaian lain.

Baca Juga: Biar Nyaman saat Digunakan, Simak Tips Memilih Pakaian Dalam Berikut Ini

Mencuci dengan tangan juga sebenarnya tak sesulit yang dibayangkan. Kamu cuma membutuhkan baskom kecil untuk merendam dan menggosoknya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI