Hasil Survei: 64 Persen Orang Indonesia Punya Wearable Gadget, Smartwatch hingga Smart Shoes

Wearable gadget merupakan perpaduan antara teknologi dengan peralatan atau aksesoris yang dapat dipakai sehari-hari, seperti smartwatch, smartband, virtual reality (VR), hingga smart sportswear (smart shoes).

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 14 September 2023 icon 14:03 WIB
Hasil Survei: 64 Persen Orang Indonesia Punya Wearable Gadget, Smartwatch hingga Smart Shoes

Ilustrasi menggunakan smart watch (Pixabay/fancycrave1)

Penggunaan wearable gadget makin meningkat dari tahun ke tahun. Kemampuan memantau kesehatan tubuh, memberikan informasi terkini, serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas di tempat kerja merupakan nilai unik yang ditawarkan gadget ini.

Ritme kehidupan yang menuntut masyarakat untuk bergerak cepat, efisien, dan up-to-date juga mendorong tingginya adopsi wearable gadget.

Platform riset one-stop-service Jakpat mengadakan survei untuk mengetahui perspektif masyarakat Indonesia terkait tren wearable gadget.

Baca Juga: Stres karena Keluarga Menuntut Kamu Cepat Menikah? Terapkan 6 Tips Ini

Hasil survei yang melibatkan 843 responden ini menyatakan bahwa 64 persen responden memiliki wearable gadget. Sementara, sebanyak 58 persen berencana membeli barang tersebut di masa depan.  

"Minat masyarakat terhadap wearable gadget terus meningkat. Jika beberapa tahun lalu mereka masih bisa beraktivitas tanpa wearable gadget, saat ini penggunaan wearable gadget menjadi sebuah keharusan," ucap Head of Research Jakpat, Aska Primardi, Rabu (13/9/2023), dikutip dari siaran pers.

"Jika ditanya alasan pakai, maka jawaban mereka akan beragam, tetapi ada satu hal yang sama di antara mereka yaitu trend and hype issue terhadap perangkat gadget yang kemudian menumbuhkan karakter FOMO (fear of missing out) sebagai gadget user," imbuhnya.

Baca Juga: Hasil Survei: 60 Persen Lajang di Indonesia Menghadapi Tekanan untuk Segera Menikah dari Keluarga Sendiri

Smartwatch adalah wearable gadget terbanyak yang dimiliki responden dengan persentase 68 persen. Sebanyak 63 persen responden memiliki true wireless stereo (TWS) atau earbuds, disusul smartband dan VR dengan persentase masing-masing 34 persen dan 23 persen.

Wearable gadget umumnya digunakan untuk berbagai aktivitas. Sebagian besar responden menggunakannya untuk berolahraga, yaitu smart shoes (50 persen), smartband (41 persen), dan smartwatch (26 persen). Ada juga yang memakai wearable gadget seperti VR (60 persen), TWS/earbuds (38 persen), smart ring (32 persen), dan smart glasses (22 persen) untuk bersantai di rumah. 

Kebanyakan pengguna smartwatch memakai device ini untuk bekerja (31%) sementara pemakai smart tag untuk traveling (35%). Selain itu, berbagai wearable gadget ini juga digunakan untuk berbagai aktivitas lain seperti nongkrong, belajar, bermain dengan rekan, hingga pesta.

Ada berbagai faktor dalam memilih wearable gadget. Beberapa di antaranya adalah fitur lengkap, kualitas material, durasi baterai, harga terjangkau, merek, hingga cara penggunaan yang mudah. 

Baca Juga: Wanita Ini Pergoki Pasangannya Selingkuh Gara-Gara Gadget Olahraga

Mencari informasi terkait barang yang dibeli adalah hal wajib, tak terkecuali wearable gadget. Ada berbagai sumber yang diandalkan para responden. Selain kanal resmi merek, akun Youtube yang membahas produk incaran.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI