5 Manfaat Diet Break, Ini Waktu Terbaik untuk Melakukannya

Apa itu diet break? Benarkah metode ini bisa membantu menurunkan berat badan secara lebih optimal?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 14 September 2023 icon 13:36 WIB
5 Manfaat Diet Break, Ini Waktu Terbaik untuk Melakukannya

Ilustrasi program diet. (Unsplash/Jamie Matociños)

Proses menurunkan berat badan biasanya tidak bisa instan dan butuh waktu berbulan-bulan, bahkan hitungan tahun. Ini mungkin membuatmu bertanya-tanya, apakah diet harus berlangsung secara terus menerus tanpa jeda? Apakah boleh rehat sejenak di tengah prosesnya?

Berita baiknya, kamu boleh mengambil jeda saat diet. Periode ini populer disebut diet break. Menariknya, diet break malah banyak disarankan karena memiliki sederet manfaat yang sayang dilewatkan.

Apa Itu Diet Break?

Baca Juga: Resep Spring Roll Khas Vietnam, Cocok Jadi Menu Diet Fancy

Dirangkum dari Ripped Body, diet break merupakan periode singkat di mana kamu menghentikan pembatasan kalori ketat yang umumnya dilakukan saat diet. Jeda yang ada bisa kamu gunakan untuk memberi asupan kalori bagi tubuh yang lebih banyak, seperti porsi normal.

Ketika menjalani diet, orang-orang biasanya mengonsumsi kalori jauh di bawah kebutuhan harian demi mencapai berat badan idaman. Sayangnya, diet kalori dalam jangka waktu yang panjang juga bisa berdampak buruk, baik pada tubuh maupun mental seseorang.

Apa Saja Manfaat Diet Break?

Baca Juga: Apa Itu Diet GI Rendah? Diklaim Efektif Turunkan Berat Badan

Bukan cuma  menjadikan tubuh lebih kuat dan membantu melancarkan program menurunkan berat badan, diet break juga punya manfaat lain, yakni sebagai berikut.

Mengurangi stres

Diet ketat berkepanjangan bisa membuat seseorang merasa lelah secara mental sehingga lebih gampang stres. Dengan diet break, Anda akan memberi waktu bagi tubuh dan pikiran supaya merasa lebih baik.

Memperbaiki hormon yang mungkin berubah selama diet

Produksi berbagai jenis hormon seperti leptin yang bertugas mengatur nafsu makan dan metabolisme sering kali terganggu ketika seseorang menjalani diet yang terlalu ketat.

Diet break akan membantu mengembalikan produksi hormon pada jumlah normal. Perlu diketahui, gangguan hormon bisa menghambat upaya menurunkan berat badan.

Meningkatkan kinerja fisik

Diet kalori jangka panjang bisa menyebabkan kamu kehilangan banyak energi yang membuat kinerja fisik menurun. Diet break bermanfaat memberikan waktu bagi tubuh untuk pulih sehingga kinerja fisik pun dapat meningkat.

Melancarkan metabolisme

Diet ketat dalam jangka panjang justru dapat membuat tubuh menyesuaikan diri dan mengurangi laju metabolisme untuk menghemat energi. Akhirnya, berat badanmu malah tak kunjung turun karena sudah terbiasa dengan kondisi tersebut.

Diet break memberikan sinyal kepada tubuh bahwa periode pembatasan kalori telah berakhir sehingga proses metabolisme bisa kembali ke semula.

Meningkatkan kepatuhan pada program diet

Baca Juga: 8 Manfaat dan Risiko Diet One Meal a Day, Amankah untuk Menurunkan Berat Badan?

Diet break memberimu dorongan psikologis yang kamu butuhkan agar bisa tetap patuh pada program dietmu. Meluangkan waktu untuk cheating days selama beberapa hari dalam satu bulan bakal menjaga motivasimu untuk lanjut diet.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI