8 Manfaat dan Risiko Diet One Meal a Day, Amankah untuk Menurunkan Berat Badan?

Sebelum mencoba diet dengan metode one meal a day untuk menurunkan berat badan, pahami dulu manfaat dan risikonya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 09 September 2023 icon 11:10 WIB
8 Manfaat dan Risiko Diet One Meal a Day, Amankah untuk Menurunkan Berat Badan?

Ilustrasi diet. (Unsplash/Rawpixel)

Beberapa waktu lalu, konten media sosial yang membahas diet one meal a day (OMAD) menarik atensi banyak orang. Metode diet itu dinilai efektif menurunkan berat badan atau memperbaiki kondisi kesehatan tertentu. 

Konsep utama diet OMAD adalah membatasi waktu makan cuma dalam satu kali makan besar selama sehari, sedangkan sisa waktu diisi dengan puasa atau konsumsi air dan minuman tanpa kalori. 

Walau OMAD punya beberapa manfaat potensial, perlu juga diingat bahwa metode ini tak cocok untuk semua orang dan punya risiko tertentu. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah manfaat diet one meal a day beserta risikonya.

Baca Juga: Jumlah Kalori yang Dibakar secara Alami dalam Sehari, Normalnya Berapa?

1. Manfaat Diet One Meal A Day

Membantu menurunkan berat badan

Dengan konsumsi makanan cuma dalam satu waktu makan besar, jumlah kalori yang masuk menjadi lebih terkontrol. Pola makan ini bisa membantu menurunkan berat badan karena tubuh membakar cadangan lemak untuk energi selama periode puasa.

Baca Juga: 3 Kunci Diet Skincare, Begini Cara Melakukannya agar Kulit Tetap Glowing Paripurna

Sederhana dan praktis

Konsep OMAD bisa dibilang cukup sederhana dan gampang dilakukan. Ini karena kamu cuma perlu memerhatikan pola makan selama satu kali makan dalam sehari.

Berpotensi meningkatkan kualitas hidup

Diet OMAD membantu meningkatkan konsentrasi, fokus, dan energi. Selain itu, mereka merasa lebih bebas dari keterikatan makanan sepanjang hari.

Memperbaiki respons insulin

Puasa intermiten, termasuk OMAD, dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur kadar gula darah. Ini bermanfaat bagi orang dengan resistensi insulin atau diabetes tipe 2.

2. Risiko Diet One Meal A Day

Kekurangan nutrisi

Sayangnya, ada risiko kurangnya asupan nutrisi yang penting untuk tubuh. Kalau tak dipantau dengan cermat, ini bisa menyebabkan kekurangan vitamin, mineral, dan zat gizi lainnya.

Gangguan pola makan

Pola makan buruk dan tidak teratur bisa menyebabkan masalah pencernaan dan gangguan pola tidur, terutama jika makan besar dilakukan menjelang tidur.

Ketidaknyamanan fisik dan psikologis

Kamu mungkin merasa kelaparan, pusing, atau kelelahan selama periode puasa yang panjang. Ini juga bisaa menyebabkan stres dan masalah psikologis lainnya.

Tak sesuai untuk semua orang

Diet OMAD mungkin tak sesuai untuk orang dengan kondisi medis tertentu, misalnya gangguan makan, gangguan pencernaan, atau masalah kesehatan lainnya. Wanita hamil, menyusui, atau individu dengan riwayat gangguan makan juga perlu menghindari metode diet ini.

Baca Juga: Rajin Jalan Kaki Efektif Menurunkan Berat Badan, Kuncinya 6 Tips Ini: Minimal 30 Menit!

Jika kamu tertarik mencoba OMAD, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi. Selain itu, perhatikan keseimbangan nutrisi dan kesehatan secara menyeluruh saat menjalani program diet apa pun.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI