Jumlah Kalori yang Dibakar secara Alami dalam Sehari, Normalnya Berapa?

Prosesnya tetap berjalan meski kamu hanya rebahan seharian, berapa jumlah kalori yang dibakar secara alami dalam sehari?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 02 September 2023 icon 07:25 WIB
Jumlah Kalori yang Dibakar secara Alami dalam Sehari, Normalnya Berapa?

Olahraga peregangan otot. (Unsplash/Jacob Postuma)

Salah satu kunci diet sukses adalah hitungan kalori harian. Namun, tahukah kamu berapa jumlah kalori yang dibakar secara alami dalam sehari?

Apakah kamu sedang menjalankan program diet karena ingin menurunkan berat badan? Tips paling umum yang wajib dipahami adalah defisit kalori. Ini berarti kamu perlu mengurangi jumlah asupan kalori berlebih sehingga dapat dibakar dengan lebih optimal.

Hanya saja, tak banyak yang tahu sebenarnya berapa jumlah kalori yang dibakar secara alami dalam sehari pada orang dewasa.

Baca Juga: Kabar Baik, Asupan Cokelat Bisa Bantu Wanita Membakar Kalori

Faktanya, kalori yang ada di dalam tubuh tak pernah berhenti dibakar. Perlu kamu ketahui bahwa kalori tak cuma dibakar saat olahraga atau melakukan aktivitas fisik intens, tetapi juga ketika dirimu tidak melakukan latihan apa pun.

Berapa Kalori yang Dibakar secara Alami dalam Sehari?

Dikutip dari health.clevelandclinic.org, seorang manusia dewasa setidaknya akan membakar 1.300 hingga 2.000 kalori setiap hari tanpa melakukan aktivitas latihan atau olahraga apa pun.

Baca Juga: Jade Sauna, Membakar Kalori dengan Hanya Berbaring

Pertanyaannya, kalau tidak ada kegiatan yang dilakukan, dari mana pembakaran kalori tersebut berasal?

Setiap organ tubuh yang berfungsi di dalam tubuh ternyata memerlukan pembakaran kalori untuk tetap berfungsi. Bahkan, bernafas dan jantung yang berdetak, pada dasarnya akan membakar sejumlah kalori.

Secara mendasar, seseorang akan terus membakar kalori selama mereka hidup dan itulah yang  untuk menjaga mereka tetap hidup.

Apa Saja yang Memengaruhi Tingkat Pembakaran Kalori?

Basal metabolic rate atau BMR mengacu pada jumlah kalori minimal yang dibutuhkan tubuh setiap hari untuk berfungsi dan menjaga organ tubuh tetap bekerja.

BMR setiap orang bisa berbeda-beda, tergantung usia, tinggi badan, berat badan, jenis kelamin, perbandingan otot dan lemak, serta faktor genetik.

Kamu bisa menghitung rasio BMR dengan menggunakan berbagai aplikasi dan layanan website secara daring. Meski begitu, jika ingin mendapatkan perhitungan akurat, sangat disarankan untuk mengunjungi ahli nutrisi atau tenaga ahli lain di bidang tersebut.

Angka Rata-Rata BMR Berdasarkan Rentang Usia

Baca Juga: Kayak Olahraga, Berendam Air Panas Efektif Membakar Kalori

Ada rumus yang bisa dipakai untuk menghitung BMR, yakni sebagai berikut:

  • Pria: 66,5 + (13,7 x Berat Badan) + (5 x Tinggi Badan) - (6,8 x Usia)
  • Wanita: 66,5 + (9,6 x Berat Badan) + (1,8 x Tinggi Badan) - (4,7 x usia)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI