4 Tipe Overthinking, Ketahui Cara yang Tepat untuk Mengatasinya

Ada beberapa tipe overthinking yang bisa membikin seseorang susah hidup normal. Bagaimana cara mengatasinya?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 01 September 2023 icon 07:03 WIB
4 Tipe Overthinking, Ketahui Cara yang Tepat untuk Mengatasinya

Ilustrasi perempuan syok. (Pixabay/Robin Higgins)

Tak sedikit orang yang kerap mengalami berbagai kesulitan dalam hidup karena punya kecenderungan overthinking. Walau demikian, banyak pula yang kemudian bertekad melakukan segala upaya untuk mengatasi overthinking.

Melansir Times of India, rupanya ada beberapa tipe overthinking yang mungkin dialami seseorang. Bagaimana cara mengatasi kondisi ini?

1. Catastrophising

Baca Juga: Tes Kepribadian, yuk! Pilih Tempat yang Paling Takut Kamu Masuki

Kamu selalu membayangkan dan terpaku pada skenario terburuk sehingga menyebabkan kecemasan dan ketakutan berlebihan.

Fokuslah pada masa kini alih-alih terjebak dalam kemungkinan apa pun di masa depan. Ambil langkah proaktif untuk mengatasi potensi masalah.

2. Selalu menganalisa

Baca Juga: Bikin Sulit Tidur, Ketahui Hal yang Paling Bikin Khawatir Setiap Zodiak

Kamu perlu memahami bahwa membuat kesalahan adalah bagian alami dari kehidupan. Bukankah tidak ada orang yang sempurna?

Daripada terpaku pada penyesalan, fokuslah pada pelajaran yang dipetik dari pengalaman tersebut. Perlakukan dirimu dengan baik dan pengertian, sama seperti kamu memperlakukan temanmu dalam situasi yang sama.

3. Future tripping

Kondisi ini terjadi saat kamu terus-menerus mengkhawatirkan masa depan. Kamu mungkin jadi sering mengambil kesimpulan negatif tanpa bukti yang cukup.

Ketimbang membayangkan hasil negatif, lebih baik visualisasikan skenario positif dan fokus pada solusi potensial. Hargai momen saat ini karena itu bisa membantumu mengalihkan fokus dari kecemasan di masa depan.

4. Rumination

Tipe overthinking satu ini membuat kamu berulang kali memutar ulang peristiwa atau percakapan masa lalu dalam pikiranmu dan mengarah ke siklus emosi negatif.

Guna menghadapinya, temukan hobi atau hal menyenangkan untuk dilakukan. Alihkan perhatianmu dari pikiran yang berulang. Meditasi juga bisa jadi alternatif untuk membantu menenangkan pikiran.

Baca Juga: Kabar Baik! Bisa Jadi Alternatif, Belanja Dinilai Ampuh Mengurangi Stres

Selain itu, kamu bisa curhat pada orang terdekat dan terpercaya atau melakukan konseling untuk mengatasi overthinking yang bisa mengganggu kelancaran kehidupan sehari-hari.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI