6 Cara Berdamai dengan Masa Lalu Pasangan, Kejujuran Jadi Kuncinya

Bagaimana cara berdamai dengan masa lalu pasangan? Berikut beberapa tips untuk memperbaiki hubungan asmara yang terancam hancur.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 01 September 2023 icon 16:59 WIB
6 Cara Berdamai dengan Masa Lalu Pasangan, Kejujuran Jadi Kuncinya

Ilustrasi menikmati senja bersama pasangan (Freepik/vecstock)

Tidak mudah berdamai dengan masa lalu pasangan, terlebih jika orang yang cintai ternyata pernah melakukan kesalahan fatal. Tak jarang, hal tersebut bisa memicu pertengkaran yang kemudian membuat hubungan asmara kandas.

Masa lalu memang bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan setiap orang, termasuk pasanganmu. Meski demikian, tentu saja bukan perkara gampang untuk berdamai dengannya, terlebih jika itu bukan sesuatu yang baik.

Bagaimana cara berdamai dengan pasangan? Merangkum berbagai sumber, berikut beberapa tips yang bisa coba kamu terapkan.

Baca Juga: 6 Doa Melupakan Seseorang di Masa Lalu, Begini Cara Move On sesuai Ajaran Islam

1. Bersikap Terbuka dan Jujur

Ini adalah kunci pertama untuk berdamai dengan masa lalu pasangan. Bicaralah secara terbuka tentang pengalaman masa lalu, baik hal menyenangkan maupun menyakitkan atau apa pun itu.

Mendengarkan tanpa menghakimi dan bicara jujur merupakan langkah awal untuk memahami dan menghargai perasaan masing-masing.

Baca Juga: 30 Tebak-tebakan Gombal Bikin Baper, Receh Banget tapi Hatinya Bisa Langsung Meleleh

2. Hadapi Perasaan dan Emosi

Masa lalu dapat meninggalkan bekas emosi yang mendalam. Sesakit apa pun itu, hadapi perasaan tersebut dengan bijaksana dan buka diri untuk memahami perasaan pasangan.

Jangan malah menutup-nutupi atau mengabaikan perasaan yang muncul dalam diri Anda. Lebih baik bicarakan secara terbuka dan temukan solusinya bersama.

3. Beri Waktu dan Ruang

Berdamai dengan masa lalu jelas butuh proses yang memakan waktu dan menguji kesabaran. Berikan waktu dan ruang bagi pasangan untuk merenung dan meresapi perasaannya.

Hindari mengharapkan perubahan secara instan. Setiap orang butuh waktu untuk sembuh dan berdamai dengan masa lalunya.

4. Fokuslah pada Masa Depan

Alihkan perhatian dari apa yang telah terjadi di masa lalu dan fokus pada masa depan bersama. Buatlah rencana, impian, dan tujuan bersama sebagai pasangan. Bangun kedekatan emosional untuk mengatasi pengalaman masa lalu yang sulit.

5. Belajar dari Pengalaman Masa Lalu

Masa lalu tak selalu buruk sepenuhnya. Banyak pelajaran berharga yang mungkin dapat diambil, baik itu kegagalan maupun kesuksesan.

Pengalaman yang ada bisa dijadikan batu loncatan untuk menjadi lebih baik sebagai individu maupun pasangan.

6. Cari Bantuan Profesional

Kalau memang dirasa perlu, jangan ragu untuk mencari bantuan dari konselor atau terapis pernikahan. Mereka akan membantu membuka komunikasi yang lebih baik, memahami konflik yang mungkin muncul akibat insiden masa lalu, dan memberikan panduan untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga: 4 Arti Mimpi Selingkuh dari Pasangan Sah, Pertanda Diam-Diam Ingin Main Api?

Berdamai dengan masa lalu pasangan merupakan langkah penting dalam membangun hubungan sehat dan langgeng. Sikap terbuka, jujur, dan empati adalah kuncinya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI