5 Cara Pakai Sunscreen Stick yang Benar, Tetap Harus Re-apply atau Tidak?

Bagaimana cara menggunakan sunscreen stick yang benar agar bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 14 September 2023 icon 21:54 WIB
5 Cara Pakai Sunscreen Stick yang Benar, Tetap Harus Re-apply atau Tidak?

Ilustrasi kulit terpapar sinar matahari (Pexels/Maggie Zhan)

Apakah kamu tertarik menggunakan sunscreen stick? Produk kosmetik ini ternyata memiliki cara pakai yang spesifik. Anda harus memahami cara pakai sunscreen stick yang benar agar dapat memperoleh manfaatnya secara optimal.

Sunscreen stick adalah inovasi produk tabir surya yang kian digemari. Soal cara pakainya, ada beberapa tahapan yang dapat digunakan sebagai acuan.

Tentu akan lebih baik jika kamu berkonsultasi langsung dengan ahli kesehatan kulit. Meski begitu, dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa tahapan ideal dalam penggunakan sunscreen stick.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Produk Sunscreen Ramah Lingkungan, Cocok untuk Semua Jenis Kulit

Gosokkan ke punggung tangan terlebih dahulu

Sebelum mengoleskan produk ini ke area wajah, kamu bisa menggosokkan sunscreen stick ke area punggung tangan. Panas yang tercipta dari gesekan ini bakal membuat sunscreen stick agak melumer sehingga lebih mudah ketika digosokkan ke wajah. Jangan lupa cuci tangan dengan bersih sebelum menggunakannya.

Oleskan merata ke wajah

Baca Juga: Sunscreen SPF Palsu Bikin Khawatir, 2 Hal Ini Wajib Diperhatikan saat Memilih Tabir Surya

Pengaplikasian sunscreen stick harus benar-benar merata. Hal ini sebaiknya dilakukan bagian per bagian sehingga tak ada area wajah yang terlewat. Pastikan bagian cekungan dan lekukan wajah tidak terlewatkan, termasuk area sekitar mata, cuping hidung, dan sebagainya.

Ulangi sebanyak empat kali

Pengaplikasian sunscreen stick paling tidak perlu dilakukan sebanyak empat kali pada wajah. Tentu saja agar bisa mendapatkan proteksi yang setara dengan pemakaian tabir surya berupa krim atau lotion sebanyak dua jari.

Bersihkan setelah dipakai

Guna menjaga higienitas produk kecantikan ini, pastikan kamu telah membersihkan bagian permukaannya setelah selesai dipakai. Cukup usapkan pada tisu bersih hingga kotoran di permukaannya menghilang. 

Jangan re-apply di atas makeup

Berbeda dengan tabir surya biasa, sunscreen stick sebaiknya tidak dipakai untuk re-apply, terlebih saat kamu dalam kondisi menggunakan makeup.

Mengapa begitu? Pertama, ini berkaitan dengan higienitas. Selain itu, perlu diketahui bahwa gesekan sunscreen stick ke kulit wajah juga dapat menggeser makeup.

Baca Juga: Sunscreen Anessa Edisi Doraemon Hadir dengan 2 Varian: Untuk Balita dan Dewasa

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait cara pakai sunscreen stick yang benar. Semoga bermanfaat!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI