Indahnya Rona, Koleksi Spesial Sejauh Mata Memandang dan Cita Tenun Indonesia

Inilah hasil kolaborasi apik dari Sejauh Mata Memandang dan Cita Tenun Indonesia.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 04 Oktober 2023 icon 15:09 WIB
Indahnya Rona, Koleksi Spesial Sejauh Mata Memandang dan Cita Tenun Indonesia

Sejauh Mata Memandang berkolaborasi dengan Cita Tenun Indonesia menampilkan koleksi spesial  bertajuk "RONA" di Fashion Nation Ke-17 di Senayan City pada Jumat (29/9/2023). (Dok.Istimewa)

Sejauh Mata Memandang berkolaborasi dengan Cita Tenun Indonesia menampilkan koleksi spesial  bertajuk "RONA" di Fashion Nation Ke-17 di Senayan City pada Jumat (29/9/2023) pekan lalu.

Terinspirasi oleh keragaman tenun nusantara koleksi RONA merupakn sebuah padu padan berbagai wastra tenun dengan motif-motif khas Sejauh yang menghasilkan pakaian bergaya kasual dalam beragam warna.  Bagi Sejauh dan Cita Tenun, selain ragam warna, RONA juga mendefinisikan ekspresi muka yang  berseri-seri karena kekaguman dan terpesona oleh wastra tenun.

Berangkat dari kepedulian bersama akan kelangsungan wastra tenun yang diolah kembali agar dapat diterima masyarakat modern, Sejauh dan Cita Tenun menggali berbagai potensi wastra tenun  dari berbagai daerah yang merupakan binaan dari Cita Tenun, antara lain di Palembang, Sulawesi Tenggara, Bali, Garut, serta kain lurik dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Ragam Tenun dalam berbagai corak, teknik dan intensitas warna tersebut kemudian diolah dan dituangkan dalam berbagai desain sehingga melahirkan RONA.

Baca Juga: Keren Banget! 3 UMKM Fashion Lokal Siap Tembus Pasar Global

Sejauh Mata Memandang berkolaborasi dengan Cita Tenun Indonesia menampilkan koleksi spesial  bertajuk "RONA" di Fashion Nation Ke-17 di Senayan City pada Jumat (29/9/2023).
Sejauh Mata Memandang berkolaborasi dengan Cita Tenun Indonesia menampilkan koleksi spesial  bertajuk "RONA" di Fashion Nation Ke-17 di Senayan City pada Jumat (29/9/2023). (Dok.Istimewa)

"Menjadi bagian dalam rangkaian Fashion Nation ini, Senayan City juga berkolaborasi dengan Cita Tenun Indonesia dan Sejauh Mata Memandang yang mengangkat kekayaan kain tenun di Indonesia. Dengan hadirnya kolaborasi ini diharapkan dapat menginspirasi dan mampu memanjakan mata para fashion enthusiast akan keindahan dan keberagaman kain tenun di Indonesia," ujar Halina, Leasing & Marketing Communication Director Senayan City, dikutip dari siaran pers.

Koleksi RONA menampilkan berbagai pakaian sehari-hari dengan sentuhan siluet dari beragam baju nasional yang merupakan ciri khas rancangan Sejauh, kemudian didesain dengan gaya kontemporer sehingga nyaman dipakai. Kain tenun dipadu dengan berbagai bahan, seperti katun dan linen serta  menggunakan teknik bordir dan patchwork.

Sejauh dan Cita Tenun menampilkan berbagai pakaian yang terdiri dari kebaya, celana, rok sarung, jaket, kutang dan berbagai atasan dengan total 35 looks, dipermanis dengan perhiasan dari Tulola dan dilengkapi sepatu rancangan Marista Santividya.

Baca Juga: Gaya Kece Dian Sastrowardoyo dengan Sejauh Mata Memandang

Peragaan busana RONA juga didukung oleh para Sahabat Sejauh, di antaranya Asmara Abigail, Ariel Tatum, Kelly Tandiono, Titi Radjo Padmaja, Shenina Cinnamon, Putri Marino dan Nicoline Patricia Malina. Mereka membawakan koleksi kolaborasi yang bertujuan untuk membuat wastra  tenun dapat dipakai dalam segala suasana

"Keanekaragaman wastra tenun adalah cerminan betapa kayanya budaya kita, dan salah satu cara melestarikannya adalah dengan sering memakai dan menjadikannya bagian dari keseharian kita. Untuk itu, kita perlu mengolah dan memadupadankan sehingga tenun yang selama ini identik dipakai  di kesempatan khusus saja, ternyata juga bisa dan cocok saat dipakai sehari-hari," tutur Chitra Subyakto, Pendiri dan Direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang.

Baik Cita Tenun Indonesia maupun Sejauh Mata Memandang berbagi kepedulian dan nilai yang sama. Keduanya berdedikasi pada budaya Indonesia yang terus dikembangkan sehingga menjadi sumber kesejahteraan para perajin dan pelaku bisnis kecil hingga menengah di berbagai penjuru Indonesia.

Baca Juga: Dewi Fashion Knights Tutup Kemeriahan Jakarta Fashion Week 2019

Pengurus Perkumpulan Cita Tenun Indonesia Bidang Marketing Komunikasi, Dewi Ivo Rajasa, mengungkapkan, "Kesamaan visi untuk melestarikan warisan budaya Indonesia menjadi landasan kolaborasi kami. Selain itu, Cita Tenun Indonesia dan Sejauh Mata Memandang memiliki kesadaran  khusus pada mode yang berkesinambungan dan ramah lingkungan."

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI