Mau Tetap Chic saat Pakai Batik? Ini Tips dari Desainer Didiet Maulana

Bagaimana tipsnya agar tidak terlihat tua saat mengenakan busana batik?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 08 Oktober 2023 icon 11:43 WIB
Mau Tetap Chic saat Pakai Batik? Ini Tips dari Desainer Didiet Maulana

Ilustrasi memilih baju batik. (Unsplash/Artem Bali)

Masih banyak orang yang menganggap pakaian batik sebagai busana formal atau hanya cocok dipakai pergi kondangan. Nyatanya, batik bisa saja dikenakan untuk acara non formal, bahkan cocok melengkapi gaya kasual saat nongkrong.

Namun, bagaimana acaranya agar tetap terlihat modern dan tidak terkesan seperti orang tua saat memakai batik?

Desainer Didiet Maulana menyarankan untuk memerhatikan penampilan secara keseluruhan. Ini karena motif batik kebanyakan penuh gambar sehingga akan membuatnya jadi yang paling mencolok.

Baca Juga: 13 Gaya Seleb Meriahkan Istana Berbatik, Siapa yang Paling Memesona?

"Perhatikan siluet atau potongan, biasanya bapak-bapak kalau kemeja agak panjang. Kalau sekarang lebih short, lebih crop lagi. Kedua penggunaan, jangan hanya terbatas di kain bawahan atau atasan. Yang bikin modern itu fungsinya, misal bisa jadi outer atau rompi," ungkap sang desainer saat konferensi pers Hari Batik bersama Shopee Indonesia di Jakarta, Kamis (5/10/2023), dilansir dari Suara.com.

Desain Batik Modern dan Kekinian. (Lilis/Suara.com)
Desain Batik Modern dan Kekinian. (Lilis/Suara.com)

Didiet lalu mencontohkan cara dirinya memakai kemeja batik agar terlihat lebih modern dan kasual. Dia membiarkan kancing kemeja batik terbuka seluruhnya sehingga berfungsi layaknya outer. T-shirt polos berwarna putih dipilih sebagai dalamannya.

"Terus juga ini (bagian lengan) digulung. Supaya lebih kasih aksen lagi aku kasih syal atau kalung. Jadi sebenarnya yang membuat modern itu total look keseluruhan," terangnya.

Baca Juga: Sejarah Hari Batik Nasional 2023, Kenapa Harus Tanggal 2 Oktober?

Jika ingin tampil kasual, Didiet merekomendasikan pakaian batik dengan bahan kain yang lebih ringan. Ini supaya kamu merasa nyaman menggunakannya untuk aktivitas apa pun.

Didiet menambahkan, warna motif batik juga bisa ditentukan sesuai dengan acara yang akan dihadiri.

"Kalau kasual pilih warna lebih cerah dominasi putih sebagai dasar atau lebih warna-warni. Kalau formal seringnya juga dari after 5 ke atas jadi nanti bisa pilih warna lebih gelap, bold," tuturnya.

Jangan lupa untuk menggunakan aksesoris untuk menunjang penampilan. Kamu bisa memilih kalung atau syal yang warnanya bertolak belakang dengan motif batik.

Baca Juga: 5 Perbedaan Motif Batik Jogja dan Solo, Punya Ciri Khas Masing-Masing

"Kalau look lebih resmi lagi, bisa tambah aksesoris. Misal batik dominasi bintik putih, aksesoris cocoknya mutiara. Kalau kuning atau emas kecokelatan, bisa cari aksesoris warna gold," kata Didiet Maulana menyarankan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI