6 Inspirasi Gaya Batik untuk Momen Formal hingga Kasual

Inilah beberapa inspirasi gaya berbusana pakai batik untuk segala aktivitas, mulai dari acara formal hingga kasual.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 09 Oktober 2023 icon 11:15 WIB
6 Inspirasi Gaya Batik untuk Momen Formal hingga Kasual

Inspirasi busana batik (Unsplash/wafieq akmal)

Batik telah memiliki tempatnya sendiri di hati pencinta wastra nusantara. Batik bahkan semakin menjadi andalan banyak orang dalam berbusana, baik untuk momen formal maupun kasual.

Berkat beragam pola, warna, dan gaya, batik memang relatif mudah dipadukan dengan beragam outfit lainnya serta menyesuaikan suasana. Dirangkum dari siaran pers Lazada, sebagaimana dikutip dari Suara.com, berikut rekomendasinya.

Kemeja batik untuk busana kerja profesional

Baca Juga: Mau Tetap Chic saat Pakai Batik? Ini Tips dari Desainer Didiet Maulana

Ini adalah pilihan pas untuk tampilan formal dan profesional di kantor. Biasanya, kemeja batik dengan potongan yang rapi dan motif menarik.

Inspirasi busana batik (Unsplash/Ema Lalita)
Inspirasi busana batik (Unsplash/Ema Lalita)

Dress batik untuk acara formal

Saat menghadiri pesta, tak ada salahnya memilih dress batik. Seperti gaun lainnya, dress batik juga bisa hadir dalam desain dan potongan elegan dengan motifnya yang cantik.

Baca Juga: 13 Gaya Seleb Meriahkan Istana Berbatik, Siapa yang Paling Memesona?

Sarung celana dan rok batik untuk hangout

Untuk tampilan yang lebih kasual, coba kenakan sarong pants. Selain nyaman, sarung celana juga lagi tren digunakan. Ini membuatmu bisa tampil kece dengan sentuhan tradisional saat hangout.

Jika ingin terlihat feminin, rok batik bisa jadi pilihan sempurna. Padu padan rok batik dengan blus polos bakal membuat tampilanmu otomatis menjadi anggun dan feminin.

Aksesoris obi belt batik

Penggunaan obi belt batik bisa membuat penampilan berubah dramatis. Obi belt sendiri adalah sabuk lebar yang biasanya diikat di pinggang dan punya simpul cantik pada bagian depan. 

Scarf atau hijab batik

Sudah pernah coba mengenakan scarf atau hijab batik? Percayalah bahwa motif batik yang sesuai akan menjadikan penampilanmu semakin berkelas.

Daster batik untuk santai di rumah

Baca Juga: Jokowi Pakai Batik Parang dan Udan Liris saat Hadiri Istana Berbatik, Ini Maknanya

Saat hanya beraktivitas di rumah, daster batik bisa jadi pilihan. Busana berpotongan lebar dengan beragam motif dan warna ini cocok banget dipakai untuk menikmati waktu luang, bersantai di rumah, atau mungkin sekedar berbelanja ke minimarket dekat rumah.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI