5 Cara Memilih Pelembap untuk Kulit Berminyak, Jangan Sembarangan Beli Produk Viral

Bagaimana cara memilih pelembap yang aman untuk kulit berminyak?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 09 Oktober 2023 icon 18:39 WIB
5 Cara Memilih Pelembap untuk Kulit Berminyak, Jangan Sembarangan Beli Produk Viral

Ilustrasi perawatan kulit dan kecantikan wajah.(Pexels.com/@sora-shimazaki)

Memilih pelembap atau moisturizer yang pas bukan hal mudah bagi pemilik kulit berminyak. Jika salah pilih, wajah malah bisa breakout parah.

Dokter Estetika dan Kecantikan, dr. Abelina, MM,MARS menegaskan bahwa kulit berminyak tidak butuh pelembap adalah anggapan yang salah. Kulit berminyak tetap membutuhkan pelembap untuk mengunci air. 

"Jadi kulit tetap butuh air. Kalau nggak dijaga kelembapannya, malah wajah jadi mudah gatel karena bakteri mudah menempel di wajah yang berkeringat itu," ungkapnya dalam acara peluncuran perawatan kulit legendaris Prancis, Embryolisse di Sociolla Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (7/10/2023), dikutip dari Suara.com.

Baca Juga: Ini Peran Penting Moisturizer, Menutrisi Kulit hingga Menjaga Skin Barrier

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan pemilik kulit berminyak saat memilih moisturizer menurut dr. Abelina.

Ilustrasi pelembap. (Pixabay/AdoreBeautyNZ)
Ilustrasi pelembap. (Pixabay/AdoreBeautyNZ)

Perhatikan label produk pelembap

Baca anjuran penggunaan produk yang tercantum dalam kemasan. Perhatikan baik-baik soal apakah produk terkait direkomendasikan untuk kulit berminyak, kulit kering, kombinasi atau bahkan kulit sensitif yang mudah alergi.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Kulit Berminyak dan Sensitif, Skin Barrier Jadi Kunci

Pilih produk water-based

Produk water-based atau berbahan dasar air serta produk dengan tekstur berupa krim lebih disarankan. Sang dokter mengingatkan agar pemilik kulit berminyak tidak memilih produk pelembap bertekstur gel. Sebab, gel akan membuat wajah terkesan 'meleleh', bahkan cenderung tidak aman jika digunakan sebagai dasar makeup.

Pilih produk non komedogenik

Kulit berminyak cenderung lebih mudah mengeluarkan sebum yang bisa menumpuk di pori-pori kulit sehingga memicu komedo. Pelembap tanpa label non komedogenik bisa membuat jerawat gampang bermunculan.

Non komedogenik artinya zat yang tidak berpotensi menyumbat pori-pori di kulit wajah sehingga mencegah timbulnya jerawat.

Tidak banyak zat aktif

Dokter Abelina lebih menyarankan pemilik kulit berminyak untuk menggunakan serum. Pelembap cukup digunakan sebagai produk penenang agar kulit tidak iritasi, jadi tak perlu memilih yang terlalu banyak zat aktif.

"Perhatikan juga pelembap harus silicon free, jadi lebih enak di kulit," terang dr. Abelina.

Memilih pelembap multifungsi

Makin banyak tumpukan skincare di kulit, maka semakin besar pula peluang menyebabkan kontra indikasi antara zat pada skincare dan itu bisa jadi penyebab jerawat. Risikonya lebih besar setelah skincare ditumpuk dengan riasan.

Solusinya, pilih pelembap yang juga bisa difungsikan sebagai base atau dasar makeup. Salah satu produk yang direkomendasikan adalah Embryolisse Lait Creme Concentre.

"Dengan fungsi 6 in 1, produk ini menggabungkan peran sebagai moisturizing cream, makeup base, mask, cleansing milk, after shave, dan juga after sun care," ungkap Juru Bicara Embryolisse, Tasha Siti Nabila.

Baca Juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Bedanya Body Cream dan Body Lotion

Produk tersebut mengandung bahan alami, yakni soy protein untuk melembapkan, aloe vera untuk menenangkan, beeswax untuk melindungi, serta shea butter yang menutrisi sekaligus melembutkan kulit.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI