5 Manfaat Bunga Peony, Kaya Antioksidan untuk Perawatan Kecantikan Kulit

Bunga peony menjadi salah satu bahan alami yang bagus untuk kecantikan kulit. Apa saja manfaat bunga ini?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 10 Oktober 2023 icon 14:14 WIB
5 Manfaat Bunga Peony, Kaya Antioksidan untuk Perawatan Kecantikan Kulit

Ilustrasi bunga peony (Pixabay/Melanie)

Bunga peony tidak hanya cantik, tetapi juga kaya manfaat. Tahukah kamu manfaat bunga peony yang kerap digunakan untuk mempercantik dekorasi rumah ini?

Bunga peony ternyata kaya antioksidan alami. Ini membuatnya memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk perawatan kulit.

Lalu, apa saja khasiatnya? Merangkum Halodoc, inilah berbagai manfaat bunga Peony untuk kesehatan dan kecantikan kulit. 

Baca Juga: 4 Manfaat Bunga Turi, Ampuh Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi bunga peony (Pixabay/Hans Benn)
Ilustrasi bunga peony (Pixabay/Hans Benn)

Menjaga kelembapan kulit

Ekstrak bunga peony bisa membantu memperkuat skin barrier, yakni dengan menjaga kelembapan dan mencegah iritasi kulit. Jika skin barrier dapat berfungsi optimal, kulit pun mampu menahan air dengan lebih baik sehingga tetap terhidrasi, lembut, dan lebih ternutrisi. 

Tinggi antioksidan

Baca Juga: 5 Manfaat Bunga Saffron, Khasiatnya Semewah Harganya

Antioksidan sangat penting untuk melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat berdampak buruk, salah satunya memicu penuaan kulit. 

Ekstrak akar peony terbukti bisa membantu melindungi kulit dari radikal bebas akibat paparan sinar matahari. Oleh karenanya, penggunaan bunga peony pada perawatan kulit dapat meredakan masalah kulit kusam hingga mengatasi bintik-bintik hitam di wajah. 

Mencerahkan kulit

Bunga peony berkhasiat membantu menghilangkan sel kulit mati yang kemudian mendorong pembentukan sel kulit baru. Efeknya, kulit jadi tampak lebih sehat dan cerah. 

Kandungan flavonoid pada bunga peony juga juga terbukti baik untuk melindungi kulit dari sinar UV dengan cara meningkatkan jumlah melanin pada sel kulit. 

Membantu menghambat penuaan dini

Bunga peony juga mampu menghambat penuaan dini pada kulit. Ini berkat senyawa paeoniflorin yang efeknya mirip dengan vitamin E. Sementara, sifat antioksidan yang ada akan membuat kulit tampak awet muda.

Menenangkan kulit

Baca Juga: 4 Manfaat Bunga Melati, Bukan Melulu soal Hal Mistis

Bunga ini diperkaya kandungan paeoniflorin, yakni senyawa kimia yang bisa membantu menenangkan kulit. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa kandungan ini punya sifat antimikroba yang bisa membuat kulit lebih sehat. 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI