5 Manfaat Bunga Sakura untuk Perawatan Kulit, Bisa Mencerahkan Wajah

Tak hanya bisa dinikmati keindahannya, berikut manfaat bunga untuk kesehatan kulit.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 17 Oktober 2023 icon 19:22 WIB
5 Manfaat Bunga Sakura untuk Perawatan Kulit, Bisa Mencerahkan Wajah

Bunga sakura di Jepang. (Pixabay/PatrickE)

Sakura dikenal sebagai bunga khas Jepang yang keindahannya memikat hati banyak orang. Bunga ini juga diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk kecantikan kulit.

Apa saja manfaat bunga sakura untuk perawatan kulit? Dirangkum dari berbagai sumber, inilah beberapa di antaranya.

Mencerahkan kulit

Baca Juga: 5 Manfaat Bunga Kecombrang, Bisa Jadi Alternatif Andalan saat Diet

Sakura mengandung senyawa yang hampir mirip vitamin C dan bermanfaat mencegah produksi melanin berlebih penyebab hiperpigmentasi, yakni perubahan warna kulit menjadi gelap dan tidak merata.

Inilah mengapa banyak produk kecantikan dengan klaim efektif membantu mencerahkan kulit yang menggunakan ekstrak bunga sakura dalam formulanya.

Ilustrasi bunga Sakura di Jepang. (Pexels/Bagus Pangestu)
Ilustrasi bunga sakura di Jepang. (Pexels/Bagus Pangestu)

Membantu mengecilkan pori-pori

Baca Juga: 4 Manfaat Bunga Lotus, Ternyata Bisa Bantu Redakan Nyeri Haid

Menggunakan skincare berbahan bunga sakura akan membuat kulit tampak lebih halus dan sehat. Jika pori-pori besar dapat tersamarkan, riasan wajah juga bisa terlihat lebih flawless.

Menjaga elastisitas kulit

Bunga sakura juga diketahui mengandung anti-glycation agent dan fatty acids yang bermanfaat merangsang munculnya kolagen dalam jumlah cukup besar. Kolagen sendiri merupakan sejenis protein yang dibutuhkan kulit untuk menjaga elastisitas, kekenyalan, dan kelembutannya. 

Meredakan iritasi

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan iritasi, termasuk bakteri, paparan sinar UV,  hingga efek ketidakcocokan dengan produk perawatan tertentu. Bunga sakura dapat berfungsi sebagai antiinflamasi yang akan menenangkan kulit serta membantu meredakan peradangan.

Melawan penuaan dini

Penuaan dini termasuk masalah kulit yang kerap dikeluhkan banyak orang karena dinilai mengganggu penampilan sehingga bikin kurang percaya diri. Tanda-tandanya antara lain munculnya keriput, bintik hitam, kusam, serta garis-garis halus.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Bunga Kenanga untuk Kesehatan

Ekstrak bunga sakura disebut mampu membantu mengatasi masalah penuaan diri berkat tingginya kandungan antioksidan. Kulit lebih terlindungi dari efek buruk paparan radikal bebas sehingga membuatmu tampak lebih muda.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI