Cuaca Lagi Panas-panasnya Wajib Pakai Skincare, Ini Kata Dokter Kulit

Skincare apa saja yang wajib dipakai di tengah cuaca panas seperti saat ini?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 19 Oktober 2023 icon 10:22 WIB
Cuaca Lagi Panas-panasnya Wajib Pakai Skincare, Ini Kata Dokter Kulit

Melindungi kulit dengan tabir surya. (Shutterstock)

Kondisi cuaca yang panas dan polusi udara membuat semakin banyak orang mengalami masalah kulit, mulai dari kulir kering hingga hiperpigmentasi. Dibutuhkan skincare yang tepat untuk membantu mengatasi permasalahan ini.

Penggunaan sunscreen dan lotion adalah hal wajib. Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr. Eddy Karta SpKK, PhD menjelaskan bahwa masyarakat harus fokus dengan produk perawatan kulit memberikan perlindungan dari paparan sinar matahari.

"Termasuk juga yang melindungi dari bahaya partikel polutan dengan sunscreen yang antiradiasi dan antipolusi, dan membersihkan kulit secara teratur dari kotoran dan debu yang menyumbat pori-pori," ungkapnya dalam siaran pers, dilansir dari Suara.com.

Baca Juga: Cegah Kanker Kulit, Begini Cara Memilih Tabir Surya yang Benar

Penggunaan sunscreen bermanfaat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (Unsplash/qi bin)
Penggunaan sunscreen bermanfaat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (Unsplash/qi bin)

Sang dokter kemudian menerangkan bahwa formulasi sunscreen untuk kulit wajah dan badan berbeda. Produk untuk wajah yang cenderung sensitif dan berminyak, formulasinya lebih lembut dan melembabkan.

Sementara, sunblock untuk badan biasanya lebih lengket dan pekat karena kulit badan lebih tebal. Pemilik kulit kering lebih baik selalu menggunakan body lotion dan sunscreen sekaligus. Namun, urutan pengaplikasian sunscreen harus berada di lapisan terakhir.

"Keduanya dapat dipakai secara berurutan. Gunakan lotion terlebih dahulu, lalu lanjutkan dengan sunscreen untuk badan," jelas dr. Eddy.

Baca Juga: 5 Cara Pakai Sunscreen Stick yang Benar, Tetap Harus Re-apply atau Tidak?

Dijelaskan pula bahwa  sunscreen harus diaplikasikan ulang setiap 2-3 jam sekali. Selain itu, menghadapi polusi yang memburuk, rutin rutin membersihkan muka adalah keharusan. Setelah kulit bersih, bisa ditambahkan pelembab dan sunscreen kembali.

Pemakaian skincare berlapis tetap direkomendasikan karena bisa menambah kemampuan melawan radikal bebas yang mengiritasi kulit. Menurut dr. Eddy, berikut lapisan urutan skincare yang perlu diperhatikan.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Produk Sunscreen Ramah Lingkungan, Cocok untuk Semua Jenis Kulit

  • Bahan yang menguatkan skin barrier seperti ceramide, hyaluronic acid, zinc oxide, plant peptide, probiotics agar tidak gampang eksim dan jerawat.
  • Bahan antioksidan yang mengurangi resiko hiperpigmentasi dan penuaan dini seperti vitamin C, E, ferulic acid, dan niacinamide.

"Selain antioksidan, kandungan yang efektif lain ialah moisturizer dan skin barrier yang berfungsi mencegah penetrasi zat polutan ke dalam sel kulit contohnya ialah ceramide dan hyaluronic acid, juga sabun cuci muka yang membersihkan kotoran dan debu yang menempel tanpa mengganggu kelembaban dan lipid protektif kulit," papar dr. Eddy.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI