5 Penyebab Putus Cinta, Sering Bikin Hubungan Asmara Kandas

Ada beberapa hal yang disebut sering menjadi penyebab utama kandasnya hubungan asmara.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 18 Oktober 2023 icon 17:54 WIB
5 Penyebab Putus Cinta, Sering Bikin Hubungan Asmara Kandas

Ilustrasi perempuan patah hati. (Shutterstock)

Ada begitu banyak fakto penyebab kandasnya hubungan asmara. Biasanya sifat maupun perilaku pasangan menjadi hal yang paling dianggap berpengaruh.

Hanya saja, tak sedikit orang yang malah tidak memerhatikan hal tersebut. Lebih lanjut, dirangkum dari News18, berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan hubungan berakhir.

Kebersihan yang buruk

Baca Juga: 5 Zodiak Paling Jago Flirting, Kerjaannya Tebar Pesona Melulu

Seseorang yang tak bisa menjaga kebersihan sangat mungkin membuat pasangannya tidak nyaman, bahkan merasa jijik. Tak jarang, hal ini menjadi salah satu penyebab putus cinta.

Ilustrasi perceraian. (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi perceraian. (Pixabay/Free-Photos)

Hubungan rahasia (backstreet)

Menjalani hubungan diam-diam juga bisa berujung perpisahan. Dalam tipe hubungan ini, biasanya pasangan tidak memberitahu teman atau keluarga jika dirinya sudah menjalin asmara dengan seseorang.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Mandiri Banget, Punya Pasangan Tak Bikin Mereka Jadi Manja dan Ketergantungan

Ini bisa terjadi karena orang tersebut belum siap atau takut berkomitmen. Padahal, hubungan tanpa komitmen yang lebih berisiko kandas.

Jika pasanganmu masih merahasiakan hubungan kalian, bahkan setelah berjalan sekian lama, ada banyak kecurigaan. Kemungkinan terparah adalah dia sebenarnya sudah menjalin hubungan dan hanya menjadikan kamu selingkuhan.

Selingkuh

Perselingkuhan juga sering jadi faktor kandasnya hubungan asmara. Selingkuh akan membuatmu hilang kepercayaan serta rasa hormat terhadap pasangan. Perselingkuhan juga termasuk kesalahan yang gampang dimaafkan.

Playing victim

Hubungan juga sangat mungkin berujung kandas jika seseorang tidak pernah mau dianggap salah. Saat berargumen, biasanya malah sibuk mencari kesalahan pasangannya. Bahkan, orang ini tak segan membahas masa lalu supaya dirinya bisa berada di posisi yang benar.

Hubungan yang sehat membutuhkan komunikasi dua arah. Pasangan mestinya mencari solusi bersama saat menghadapi konflik.

Terlalu mengontrol

Seseorang bisa terdorong untuk meningkatkan hubungan jika punya pasangan yang terlalu mengontrol. Hal-hal yang dipermasalahkan biasanya cara berpakaian, pilihan karier, hingga lingkaran pertemanan.

Salah satu contoh sering terjadi, saat tidak suka dengan teman pasangannya, dia akan meminta pasangannya untuk tidak berteman dengan orang itu lagi. Hal tersebut dapat memicu konflik hingga berakhir dengan perpisahan.

Melecehkan pasangan

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bikin Hubungan Intim Membosankan, Ini Solusinya

Pelecehan jelas tak bisa dianggap remeh. Jika ingin memiliki hubungan yang sehat, penting untuk saling menghormati satu sama lain. Oleh karenanya, saat pasangan melecehkanmu, baik secara fisik maupun emosional, lebih baik jangan pertahankan hubungan itu.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI