Apa Arti Green Flag? Ini Bedanya dengan Red Flag dalam Hubungan Asmara

Dalam hubungan asmara, ada istilah red flag dan green flag. Apa perbedaannya?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 18 Oktober 2023 icon 15:08 WIB
Apa Arti Green Flag? Ini Bedanya dengan Red Flag dalam Hubungan Asmara

Ilustrasi pasangan menikah (Pexels/Emir Kaan Okutan)

Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah red flag dalam hubungan asmara. Selain itu, ada pula green flag yang memiliki arti bertolak belakang.

Jika red flag sangat identik dengan hal buruk, green flag sebaliknya. Green flag merupakan pertanda baik untuk hubungan yang kamu jalani bersama pasangan.

Apa itu green flag? Dikutip dari Well and Good, Laurel House, pakar hubungan asmara, mengatakan bahwa green flag berarti pertanda baik dan wajib dijaga.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Mandiri Banget, Punya Pasangan Tak Bikin Mereka Jadi Manja dan Ketergantungan

Green flag bisa dimanfaatkan untuk mencari tahu apakah orang ini layak diperjuangkan demi hubungan yang baik ke depannya. Semakin banyak green flag dalam sebuah hubunganmu, potensi bertahannya juga semakin besar. 

Ilustrasi pasangan saling mencintai (Pexels/Mnn Quang)
Ilustrasi pasangan saling mencintai (Pexels/Mnn Quang)

Saling menghargai keputusan

Ini mungkin terkesan sederhana, tetapi nyatanya cukup sulit dilakukan. Misalnya, saat pasangan menolak ajakan berkencan karena kelelahan bekerja dan kamu bisa memahaminya, ini termasuk salah satu bentuk green flag alias pertanda bagus.

Baca Juga: 7 Tips Menjalin Asmara di Usia 30an, Tak Usah Buru-Buru Melangkah

Artinya, kamu menghargai keputusan pasanganmu dan tidak memaksakan keinginan sepihak yang cenderung tidak mendesak.

Mengenal dan memahami diri sendiri dengan baik

Seseorang yang telah mengenal dirinya sendiri dengan baik akan lebih mudah menjalin sebuah hubungan. Rasanya jadi lebih mudah untuk bersikap terbuka dan jujur dengan orang lain tentang hidupnya.

Saat kamu menyadari apa yang kamu butuhkan dalam hubungan percintaan, itulah green flag sesungguhnya.

Ada kamu di rencana masa depan pasangan

Rencana masa depan tidak selalu soal obrolan terkait pernikahan setelah menjalin hubungan sekian lama. Kamu bahkan bisa melihatnya dari sikapnya pada kencan pertama.

Green flag pada kencan pertama bisa dilihat dari apakah dia mengajakmu di kencan berikutnya. Jika iya, artinya dia ingin mengenalmu lebih jauh lagi.

Tak cuma fokus pada hubungan fisik

Kamu tentu harus berupaya saling mengenal satu sama lain saat menjalin hubungan. Namun, ini akan sulit dilakukan jika percakapan atau fokusnya hanya mengarah pada hubungan fisik.

Adanya kontak mata

Kontak mata bisa menjadi cara terbaik untuk memberitahu seseorang bahwa kamu peduli dengannya. Kontak mata juga dapat membantu menurunkan ketegangan saat berbicara atau mengunci fokus satu sama lain.

Baca Juga: 5 Zodiak yang Berpotensi Jadi Pasangan Toksik, Aries Diam-Diam Tukang Bohong

Kontak mata adalah bagian dari komunikasi yang sehat. Dengan begini, hubungan yang dijalin akan lebih nyaman karena kedua pihak merasa sama-sama diperhatikan.

BERITA TERKAIT