4 Cara Menjaga Kesehatan Skin Barrier, Pilih Produk Skincare yang Tepat

Menjaga skin barrier merupakan hal penting dalam rutinitas perawatan kecantikan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 22 Oktober 2023 icon 14:16 WIB
4 Cara Menjaga Kesehatan Skin Barrier, Pilih Produk Skincare yang Tepat

Ilustrasi perawatan kulit dan kecantikan wajah.(Pexels.com/@sora-shimazaki)

Skin Barrier bertugas melindungi kulit dari bahan kimia berbahaya, polusi, kuman, maupun iritasi. Itulah mengapa sangat penting untuk menjaga skin barrier agar jangan sampai rusak.

Ada berbagai faktor yang berdampak buruk bagi skin barrier, termasuk kurang tidur, stres, tidak disiplin dalam penggunaan pelembap dan tabir surya, hingga efek paparan sinar matahari secara langsung. Akibatnya, muncul keluhan berupa kulit yang terasa gatal, perih, kasar, hingga pecah-pecah.

Dilansir dari Suara.com, berikut tips menjaga skin barrier tetap sehat dari dr. Richard Yehezkiel.

Baca Juga: Bekal Liburan Cantik, Kemasan Skincare Ini Punya Desain Unik

Pakai produk pembersih wajah yang lembut

Membersihkan wajah penting untuk menghilangkan kotoran, debu, dan sisa makeup setelah beraktivitas seharian. Gunakan facial cleanser dengan tekstur gel. Selain mengurangi gesekan penyebab iritasi, tipe ini juga membantu memperbaiki skin barrier karena lembut saat diaplikasikan pada kulit.

Menggunakan tabir surya

Baca Juga: Cuaca Lagi Panas-panasnya Wajib Pakai Skincare, Ini Kata Dokter Kulit

Setelah pelembap, jangan lupa mengaplikasikan tabir surya. Pilih sunscreen dengan SPF 30 yang memberikan perlindungan kulit terhadap radiasi sinar matahari UVA dan UVB. Adanya kandungan niacinamide juga bagus untuk menangkal polusi dari luar sekaligus menjaga kelembapan alami kulit.

Pilih produk skincare yang memperbaiki skin barrier

Salah satunya adalah serum yang mengandung ceramides. Skin Barrier Protector Ceramide Serum dari Dexskin by Derma Express dapat menjadi pilihan skincare yang tepat karena diformulasikan dengan ingredients Ceramide, Niacinamide, Biosaccharide Gum-1, Acetyl Tetrapeptide-9 & Acetyl Tetrapeptide-11.

Semua kandungan diklaim mampu dua kali lebih cepat memperbaiki skin barrier, menghilangkan kerutan dan garis halus, serta mengurangi hiperpigmentasi.

Rutin memakai sleeping mask

Setelah membersihkan wajah dan menggunakan serum, gunakan Skin Barrier Protector Sleeping Mask dari Dexskin by Derma Express. Tunggu selama 30 menit sebelum tidur. Keesokan harinya, basuh wajahmu dengan air bersih.

Baca Juga: Amanda Manopo Jadikan Perawatan Kulit Wajah sebagai Investasi Diri, Ini Produk Favoritnya

Sleeping mask ini mengandung formula Ceramide, Niacinamide, Beta Glucan & Biosaccharide Gum-1 yang dapat dua kali lebih cepat memperbaiki skin barrier, kulit lebih kenyal dan menjaga kelembapan sepanjang malam.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI