Kontes Kecantikan Tanpa Makeup Digelar di Inggris, Begini Awal Mulanya

Beda dengan ajang serupa yang biasanya digelar, peserta kontes kecantikan ini tak boleh pakai makeup.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 24 Oktober 2023 icon 18:01 WIB
Kontes Kecantikan Tanpa Makeup Digelar di Inggris, Begini Awal Mulanya

Ilustrasi menggunakan makeup. (Pixabay/Karolina Grabowska)

Kontes kecantikan tanpa makeup digelar di Inggris. Pertama di dunia, ajang bernama Miss London itu merupakan bagian dari Miss England yang secara internasional berada di bawah naungan Miss World Organisation.

Melansir New York Post, Miss London 2023 yang baru saja berlangsung beberapa waktu lalu disorot publik. Ini adalah kontes kecantikan pertama yang mewajibkan para kontestan tampil tanpa makeup, bahkan tak boleh pakai lipgloss. 

Alih-alih fokus pada penampilan, para kontestan harus dapat menarik perhatian dewan juri dengan prestasi dan pekerjaan mereka.

Baca Juga: Sabrina Chairunnisa Berbagi Tips Makeup untuk Orang Tua, Ada Trik Khusus Menyamarkan Kerutan

Dikutip dari Mamagini, dalam laman resminya, disebutkan bahwa kompetisi ini berfokus pada pekerjaan dan studi para kontestan, kecantikan alami, dan nilai-nilai etika yang mereka miliki.

Ilustrasi kuas makeup. (Pexels/cottonbro)
Ilustrasi kuas makeup. (Pexels/cottonbro)

Tujuan utamanya adalah untuk memberdayakan perempuan sekaligus meningkatkan kepercayaan diri mereka. Kontes ini juga mendukung imej tubuh yang tak hanya positif tapi juga realistis.

Awal Mula Kontes Kecantikan Tanpa Makeup

Baca Juga: Rekomendasi Cushion Anti-aging, Mengandung Korean Pearl Extract

Ini berawal saat tahun lalu, Melisa Raouf yang dinobatkan sebagai Miss England 2022 bikin heboh dunia karena tampil tanpa makeup di malam final. 

Aksi itu menjadikannya sebagai kontestan pertama yang tidak memakai makeup selama 94 tahun kontes kecantikan tersebut diadakan.

Melisa Raouf rupanya memutuskan untuk berkompetisi secara natural. Dia bertekad melawan stigma kecantikan di masyarakat yang seringkali membuat para perempuan muda merasa tertekan.

"Saya pikir orang-orang harus mencintai dan menerima kekurangan mereka karena kita tahu kecantikan sejati terletak dalam kesederhanaan," katanya.

Melisa Raouf juga mengungkapkan bahwa kekurangan membuat kita menjadi diri kita sendiri.

Baca Juga: Ratusan Formula Kecantikan Inovatif Dipamerkan, Ada Produk Makeup hingga Teknologi Paten

"Saya tidak pernah merasa memenuhi standar kecantikan. Saya baru-baru ini menerima kenyataan bahwa saya cantik dengan penampilan saya sendiri, dan itulah kenapa saya memutuskan untuk berkompetisi tanpa riasan," tandasnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI