Keringat Bukan Masalah, Terapkan 6 Tips Makeup Tahan Lama Ini

Begini caranya agar makeup tetap awet walau wajah berkeringat.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 24 Oktober 2023 icon 18:40 WIB
Keringat Bukan Masalah, Terapkan 6 Tips Makeup Tahan Lama Ini

Ilustrasi wanita pakai makeup. (Pexels/Adrienn)

Keringat bisa membuat makeup tidak awet, biasa jadi luntur atau berantakan. Meski begitu, bukan berarti tidak ada cara untuk mengatasi masalah ini.

Makeup tetap paripurna saat beraktivitas, terlebih di luar ruangan atau saat cuaca panas, memang tak mudah. Dilansir dari Byrdie, makeup artist asal New York, Molly Fredenberg, berbagi tips yang bisa coba kamu terapkan.

Perawatan kulit

Baca Juga: Rekomendasi Cushion Anti-aging, Mengandung Korean Pearl Extract

Selain menutupinya dengan makeup, penting juga untuk mengatasi masalah kulit dengan perawatan yang tepat. Jenis kulit kering dan berminyak butuh penanganan yang berbeda agar setidaknya kulit dalam kondisi stabil saat dirias.

Sebelum merias wajah, skin prep dianjurkan agar kulit siap ditimpa makeup seharian. Saat harus beraktivitas di luar ruangan, kamu juga tak boleh melewatkan penggunaan tabir surya minimal SPF 30.

Penggunaan sunscreen bermanfaat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (Unsplash/qi bin)
Penggunaan sunscreen bermanfaat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (Unsplash/qi bin)

Memakai produk waterproof

Baca Juga: Ratusan Formula Kecantikan Inovatif Dipamerkan, Ada Produk Makeup hingga Teknologi Paten

Sekarang sudah banyak produk makeup waterproof yang memang tahan lama. Mulai dari foundation hingga eyeliner, cari produk dengan klaim tahan air.

Menggunakan primer

Selain mengaplikasikan skincare sebelum makeup, primer bisa diandalkan untuk membuat riasan lebih awet. Primer juga biasa dimanfaatkan untuk menyamarkan masalah kulit tertentu.

Jangan pakai base yang berlebihan

Bedak adalah poin dasar dari makeup, jadi jangan terlalu berlebihan dalam menggunakannya agar riasan tidak mudah geser atau luntur karena keringat.

Pertama, gunakan foundation, kemudian aplikasikan concealer untuk menutupi warna kulit yang tidak rata. Setelahnya, kunci dengan loose powder atau compact powder.

Gunakan setting spray

Setting spray adalah produk yang penting untuk untuk membuat makeup tahan lama, bahkan saat berkeringat. Semprotkan dengan jarak sekitar 30 sentimeter untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Asupan nutrisi untuk kulit yang sehat

Baca Juga: Tutorial Makeup Natural Glowing ala Ayu Ting Ting, Ternyata Simpel Banget

Supaya kulitmu tetap sehat dan terhidrasi, biasakan untuk banyak minum air putih. Jika kulit sehat, hasil makeup pun akan tampak lebih maksimal.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI