5 Tips Makeup untuk Kulit Kering, Hindari Produk Matte Finish

Kulit kering bisa tampak lebih lembut dan kenyal dengan Teknik makeup yang tepat.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 25 Oktober 2023 icon 18:23 WIB
5 Tips Makeup untuk Kulit Kering, Hindari Produk Matte Finish

Ilustrasi perempuan dengan riasan natural (Freepik/benzoix)

Pemilik kulit kering memiliki kendala tersendiri saat ingin mendapatkan tampilan makeup dewy. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar riasan tampak glowing natural.

Apa saja yang dimaksud? Merangkum Byrdie, inilah beberapa tips dan hal yang mesti jadi perhatian bagi pemilik kulit kering.

Disiplin merawat kulit

Baca Juga: Keringat Bukan Masalah, Terapkan 6 Tips Makeup Tahan Lama Ini

Tak cuma fokus menutupi kekurangan dengan bantuan makeup, kamu tetap perlu merawat kulit keringmu. Usahakan kulit selalu terhidrasi. Selain itu, jangan lupa lakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati maksimal dua kali sepekan.

Ilustrasi perempuan melakukan eksfoliasi wajah. (Pexels/Polina Kovaleva)
Ilustrasi perempuan melakukan eksfoliasi wajah. (Pexels/Polina Kovaleva)

Hindari produk dengan matte finish

Riasanmu akan tampak berat jika pada dasarnya kamu adalah pemilik kulit kering. Ini karena produk bersangkutan memang memiliki hasil akhir yang kering sehingga lebih cocok untuk kulit berminyak.

Baca Juga: Kontes Kecantikan Tanpa Makeup Digelar di Inggris, Begini Awal Mulanya

Orang-orang yang memiliki kulit kering lebih baik memilih produk dengan hasil akhir yang memberikan efek glowing, tetapi bukan berminyak.

Teknik Makeup

Dibutuhkan teknik khusus untuk merias wajah dengan tipe kulit kering. Misalnya, saat menerapkan foundation, ratakan dengan menggunakan kuas.

Gunakan produk dengan formula krim

Lebih baik ganti segala produk dengan formula krim, bahkan termasuk blush on. Jika kamu biasanya menggunakan powder brush, disarankan untuk menggantinya dengan cream blush agar hasilnya lebih menempel.

Highlighter dan face mist

Untuk sentuhan akhir, jangan lewatkan highlighter di beberapa titik wajah. Aplikasikan dengan jarimu agar hasilnya tampak berkilau, bukan berminyak.  Setelahnya, semprotkan facemist untuk melembapkan wajah.

Baca Juga: Sabrina Chairunnisa Berbagi Tips Makeup untuk Orang Tua, Ada Trik Khusus Menyamarkan Kerutan

Itulah beberapa tips makeup untuk kulit kering yang bisa kamu terapkan. Selain makeup dan skincare, pastikan kamu minum air yang cukup untuk menghidrasi kulit agar lebih sehat.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI