Sampo Ini Mengandung Niacinamide, Apa Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit Kepala?

Ini manfaat kandungan niacinamide dalam produk perawatan rambut dan kulit kepala.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 27 Oktober 2023 icon 17:58 WIB
Sampo Ini Mengandung Niacinamide, Apa Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit Kepala?

Ilustrasi Rambut Panjang (Pexels/Element5)

Cuaca panas dan polusi bisa berdampak negatif pada kesehatan kulit kepala. Kondisi tersebut meningkatkan risiko munculnya ketombe basah dan kering.

Panas matahari yang menyengat bisa membuat kulit kepala lebih banyak berkeringat dan berminyak sehingga memicu ketombe basah. Sementara itu, paparan polusi udara juga bisa membuat rambut dan kulit kepala kotor sehingga menyebabkan ketombe kering.

Keramas biasa mungkin tidak cukup. Kamu butuh sampo anti ketombe berformula khusus, seperti CLEAR dengan 10x Super Vitamin yang memiliki komponen kunci niacinamide.

Baca Juga: 7 Cara Menumbuhkan Rambut, Malah Harus Rajin Dipotong agar Lebih Cepat?

Ilustrasi rambut kepang. (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi rambut kepang. (Pixabay/Pexels)

Niacinamide selama ini lebih dikenal sebagai bahan skincara yang efektif mengatasi jerawat dan mengontrol produksi minyak pada kulit.

Christina Yusuf, R&D Manager for Hair Category, Unilever Indonesia, mengungkapkan bahwa kandungan niacinamide pada Super Vitamin terbukti secara efektif dapat mengatasi permasalahan kulit kepala.

"Niacinamide bekerja dengan memicu produksi protein kunci pada kulit kepala kita untuk membantu memperkuat pertahanan kulit kepala (scalp barrier) dalam melawan ketombe," ujarnya lewat siaran pers, dilansir dari Suara.com.

Baca Juga: Tips agar Rambut Terlihat Lebih Bervolume, Mudah Banget!

Dermatologist sekaligus content creator dr. Danar Wicaksono, MSc., SpDV juga mengungkapkan manfaat niacinamide untuk kesehatan kulit kepala.

Menurutnya, kulit kepala mempunyai pertahanan yang lebih rentan dibandingkan dengan kulit area wajah. Gangguan pada scalp barrier bisa memicu kondisi-kondisi yang mengakibatkan ketombe terus-menerus muncul kembali.

Tak berbeda dengan skin barrier, scalp barrier juga perlu dijaga agar lebih mudah untuk mengatasi masalah ketombe secara menyeluruh.

Baca Juga: Bantu Lawan Rambut Rontok dan Patah, Produk Ini Mengandung Ginger Root, Edelweiss Native Cells, dan Aminexil 1,5%

"Kandungan niacinamide akan sangat bermanfaat meningkatkan komponen penunjang scalp barrier sehingga menjadi lebih kuat. Berdasarkan studi lainnya, niacinamide juga terbukti memberikan nutrisi pada scalp barrier dan mengurangi peradangan untuk mencegah ketombe datang kembali," tutur dr. Danar Wicaksono.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI