Lakukan 5 Perawatan Ini setelah Waxing, Hindari Pakaian Ketat

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan setelah melakukan perawatan waxing.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 15 November 2023 icon 12:30 WIB
Lakukan 5 Perawatan Ini setelah Waxing, Hindari Pakaian Ketat

Ilustrasi ketiak. (Pexels/Rowan Chestnut)

Kamu mungkin termasuk orang yang rajin waxing secara berkala. Ada juga mereka yang masih ragu untuk melakukan perawatan tubuh ini.

Waxing adalah prosedur perawatan dengan menghilangkan rambut yang tumbuh pada kulit. Tujuannya tentu agar kulit tampak lebih bersih dan mulus.

Hanya saja, perlu dipahami bahwa ada risiko iritasi kulit setelah waxing. Oleh karenanya, bukan hanya prosedurnya yang harus tepat, tetapi perawatan setelah itu.

Baca Juga: Tak Cuma Bikin Awet Muda, Perawatan Wajah Ini Bikin Rileks dan Stres pun Mereda

Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan setelah melakukan waxing? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa di antaranya.

1. Gunakan moisturizer atau pelembap

Setelah waxing, segera oleskan pelembap pada kulit. Tujuannya adalah menghidrasi dan memberikan efek menenangkan kulit serta mencegah iritasi.

Baca Juga: 5 Klinik Kecantikan Berkualitas dan Terpercaya, Cocok untuk Me Time

Ilustrasi pelembap. (Pixabay/AdoreBeautyNZ)
Ilustrasi pelembap. (Pixabay/AdoreBeautyNZ)

2. Mengompres kulit dengan air dingin

Langkah ini bisa mengurangi pembengkakan yang mungkin terjadi pada kulit. Kompres air dingin membantu meredakan iritasi serta menghentikan perkembangan luka dan tentunya menenangkan kulit.

3. Oleskan minyak esensial

Minyak esensial juga bisa membantu menenangkan kulit yang mengalami iritasi, termasuk mengurangi rasa gatal dan munculnya kemerahan setelah waxing. Beberapa jenis essential oil yang bisa digunakan, yakni minyak zaitun, minyak almond, dan minyak kelapa.

4. Hindari kulit terpapar suhu panas

Mandi air hangat, apalagi panas, adalah salah satu aktivitas yang tidak disarankan setelah waxing. Hal ini lantaran suhu panas dapat menghilangkan kandungan minyak yang berfungsi melembapkan kulit.

Paparan sinar matahari yang berlebihan juga bisa membahayakan kesehatan kulit, terlebih setelah waxing.

5. Gunakan pakaian longgar

Baca Juga: Stres Bisa Bikin Punggung Jerawatan, Begini Cara Mengatasinya

Jangan kenakan pakaian ketat karena itu bisa memicu adanya gesekan pada kulit sehingga menyebabkan ruam, gatal, dan iritasi. Setelah waxing, sebaiknya gunakan pakaian longgar setidaknya selama 48 jam.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI