3 Cara Mengeringkan Rambut Tanpa Hair Dryer, Lebih Sehat dan Tidak Bikin Kusut

Penggunaan hair dryer yang terlalu sering bisa membuat rambut lebih rentan rusak. Bagaimana cara mengeringkan rambut tanpa alat ini?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 17 November 2023 icon 18:30 WIB
3 Cara Mengeringkan Rambut Tanpa Hair Dryer, Lebih Sehat dan Tidak Bikin Kusut

Ilustrasi perempuan mengeringkan rambut basah dengan handuk (Pexels/Armin Rimoldi)

Setelah keramas, kamu mungkin terbiasa mengeringkan rambut dengan hair dryer. Namun, banyak juga yang menghindari alat pengering tersebut karena khawatir panasnya membuat rambur rentan rusak.

Jika kamu ingin beralih dari hair dryer ke pengeringan manual, ada bebarapa tips yang bisa diterapkan agar rambut basahmu cepat kering. Dilansir dari Byrdie, inilah beberapa di antaranya:

Mengeringkan rambut dengan handuk. (Shutterstock)
Mengeringkan rambut dengan handuk. (Shutterstock)

1. Keringkan rambut dengan handuk

Baca Juga: Bisa Mengatasi Kerusakan Rambut, Yuk Cari Tahu tentang Minyak Camellia

Hal penting yang harus diperhatikan adalah jangan menggosok rambut basah. Cukup peras rambutmu perlahan dengan handuk agar air terserap. Rambut lebih rentan dalam kondisi basa sehingga menggosoknya akan membuat rambutmu tercabut dari akar atau patah.

Tidak apa-apa jika kamu hanya menggunakan handuk biasa. Namun untuk hasil optimal, gunakan handuk mikrofiber yang dinilai mampu menyerap air dengan maksimal. Bisa juga pakai kain katun karena permukaannya yang rata akan membantu rambut tetap halus.

2. Biarkan rambut tergerai bebas

Baca Juga: Sampo Ini Mengandung Niacinamide, Apa Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit Kepala?

Setelah keramas, ada baiknya beri jeda selama kira-kira 10 menit. Setelahnya, diamkan rambut dalam balutan handuk selema beberapa menit, lalu mulai peras rambut basahmu.

Jika sudah, kamu bisa menggerai rambutmu dan pisahkan helai-helainya dengan jari. Goyangkan saja rambutmu secara acak guna memberikan akses udara masuk.

3. Lebih baik gunakan sisir bergigi jarang

Selain manual menggunakan jarimu, kamu bisa bisa memisahkan kelompok helai rambut dengan sisir bergigi jarang. Lakukan secara perlahan. Selain itu, jangan terlalu sering menyisir karena justru bisa membuat rambut kusut.

Baca Juga: 7 Cara Menumbuhkan Rambut, Malah Harus Rajin Dipotong agar Lebih Cepat?

Perlu diketahui bahwa mengeringkan rambut secara manual memang membutuhkan waktu lebih lama. Meski begitu, ketimbang terllau sering menggunakan alat styling yang panasnya bisa merusak rambut, tak ada salahnya menerapkan beberapa tips di atas.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI