5 Cara Mencuci Baju Crinkle dengan Mesin Cuci, Pisahkan dari Pakaian Lainnya

Bagaimana cara mencuci baju crinkle dengan mesin cuci agar tetep awet?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 17 November 2023 icon 13:30 WIB
5 Cara Mencuci Baju Crinkle dengan Mesin Cuci, Pisahkan dari Pakaian Lainnya

Ilustrasi mencuci baju dengan mesin cuci (Pexels/Sarah Chai)

Busana crinkle belakangan ini semakin disukai banyak orang. Berawal dari tren blouse cantik ala Korea, kini bahan tersebut juga banyak dikreasikan menjadi kemeja, hijab, hingga bawahan seperti rok dan kulot.

Hanya saja, baju dengan bahan crinkle membutuhkan perawatan khusus agar lebih awet dan tidak rusak. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah cara mencucinya.

Apakah kamu tidak terbiasa mencuci baju secara manual dengan tangan? Dirangkum dari laman Our Everyday Life, berikut beberapa cara mencuci baju crinkle dengan mesin cuci.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Masalah Kulit Mengelupas, Jangan Sepelekan Pentingnya Minum Air Putih

1. Pisahkan dengan pakaian lainnya

Sebelumnya dicuci, pisahkan dulu baju berbahan crinkle dengan busana lainnya. Setelahnya, atur mesin cuci ke siklus atau mode lembut, lalu isi dengan air dingin. 

Ilustrasi mesin cuci. (Unsplash/Rawpixel)
Ilustrasi mesin cuci. (Unsplash/Rawpixel)

2. Masukkan deterjen

Baca Juga: 5 Cara Bikin Jam Tangan Tetap Awet, Harus Service Rutin?

Tambahkan deterjen secukupnya ke dalam mesin cuci yang telah berisi air. Setelahnya, masukkan baju, celana, atau hijab berbahan crinkle. Lakukan proses pencucian biasa sampai selesai.

3. Cara mengeringkan cucian

Jika biasanya kamu pakai pengering otomatis, sebaiknya keringkan bahan crinkle secara manual. Setelah proses mencuci selesai, segera keluarkan cucian, lalu peras manual dengan tangan. Ini agar tidak merusak tekstur unik kainnya.

4. Cara menjemur

Jemur pakaian berbahan crinkle dengan kastok sampai benar-benar terbuka sempurna. Letakkan di tempat langsung terpapar dengan sinar matahari. Jika ingin lebih cepat kering, kamu bisa bolak-balik jemuran.

5. Angkat cucian kering

Tak perlu sampai berhari-hari, jika memang sudah kering, segera angkat cucian baju berbahan crinkle. Setidaknya pindahkan ke tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Baca Juga: Jangan Sembarangan! 4 Cara Memilih Tanaman Hias untuk Mempercantik Rumah

Itulah beberapa hal perlu diperhatikan saat mencuci busana berbagai crinkle agar lebih awet. Semoga bermanfaat!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI