7 Perawatan Rambut Bercabang, Pilih Produk yang Tepat hingga Perbaiki Asupan Nutrisi

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah rambut bercabang.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 19 November 2023 icon 15:00 WIB
7 Perawatan Rambut Bercabang, Pilih Produk yang Tepat hingga Perbaiki Asupan Nutrisi

Ilustrasi wanita berambut panjang. (Pixabay/Free-Photos)

Ada begitu banyak masalah rambut yang bisa membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Salah satunya adalah rambut bercabang.

Rambut bercabang termasuk tanda adanya kerusakan pada rambut. Bagaimana cara mengatasi rambut bercabang? Dirangkum dari Alodokter, ada beberapa langkah bisa dilakukan untuk mendapatkan rambut yang lebih sehat dan tidak bercabang.

1. Secara rutin dan berkala menggunting ujung rambut

Baca Juga: Bisa Mengatasi Kerusakan Rambut, Yuk Cari Tahu tentang Minyak Camellia

Ini adalah cara termudah untuk mengatasi masalah rambut bercabang. Kamu bisa melakukannya rutin setiap 6-8 minggu sekali. Kalau merasa kesulitan untuk memotong ujung rambutmu sendiri, jangan ragu untuk datang ke salon andalanmu.

Ilustrasi potong rambut. (Pixabay/kaleido-dp)
Ilustrasi potong rambut. (Pixabay/kaleido-dp)

2. Sisir rambut dengan perlahan

Menyisir rambut secara kasar bisa menyebabkan kerusakan pada kutikula, yakni lapisan terluar rambut yang berfungsi melindungi bagian dalamnya. Gesekan keras antara sisir dengan rambut maupun kulit kepala bisa menyebabkan kutikula terbuka dan retak. Kondisi itulah yang memicu rambut bercabang. 

Baca Juga: 4 Manfaat Seledri untuk Perawatan Rambut, Mengatasi Kerontokan hingga Ketombe

3. Pakai Kondisioner dan Masker Rambut

Perawatan ini sangat dianjurkan untuk mengatasi rambut bercabang. Penggunaan kondisioner sehabis keramas bakal membuat rambut lebih lentur dan gampang diatur.

Masker akan menutrisi dan melembapkan rambut sehingga tidak mudah menjadi kering dan bercabang. Kamu bisa melakukan perawatan masker rambut setidaknya seminggu sekali.

4. Batasi Alat Styling

Penggunaan alat styling seperti hair dryer, pencatok, dan lainnya memang bisa diandalkan untuk membuat rambut tampak lebih rapi dan indah.

Namun, panas yang dihasilkan dari alat penata rambut bisa mengubah struktur protein rambut. Akibatnya, rambut menjadi kering. Jika rambutnya sudah bercabang, kondisinya bisa semakin parah.

5. Hindari Perawatan Rambut dengan Bahan Kimia

Bahan kimia yang terkandung produk pewarna rambut, perming, hingga smoothing bisa berdampak buruk pada kesehatan rambut. Jika rambutmu bercabang, usahakan beri jeda waktu antara satu perawatan rambut dengan treatment lainnya. Misalnya, setelah smoothing, tunggu sampai dua pekan sebelum lanjut mewarnai rambut.

6. Hindari Paparan Sinar Matahari

Sinar UVA dan UVB berlebihan dapat merusak kutikula rambut. Saat beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya gunakan pelindung rambut, seperti topi atau payung. Bisa juga mengaplikasikan pelembap rambut yang mengandung SPF atau zinc oxide untuk menangkal efek buruk paparan sinar matahari.

7. Perhatikan Kebutuhan Nutrisi

Baca Juga: Sampo Ini Mengandung Niacinamide, Apa Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit Kepala?

Nutrisi esensial untuk kesehatan rambut seperti zinc bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi makanan laut, telur, biji-bijian utuh, daging, dan kacang-kacangan. Asupan vitamin A, vitamin C, dan zat besi juga baik untuk merawat kecantikan rambut.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI