Bukan Cuma Tidur, 4 Jenis Istirahat yang Kamu Butuhkan untuk Melepas Lelah

Tak hanya istirahat fisik, ada juga beberapa jenis istirahat lain yang kamu butuhkan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 17 November 2023 icon 14:30 WIB
Bukan Cuma Tidur, 4 Jenis Istirahat yang Kamu Butuhkan untuk Melepas Lelah

Ilustrasi perempuan minum kopi (Pexels/The Lazy Artist Gallery)

Setiap orang tentu bisa merasa lelah setelah segala hal yang mesti dilalui. Kelelahan juga tidak hanya perkara fisik, melainkan juga psikis. Dibutuhkan istirahat cukup dan cara yang tepat untuk kembali berenergi.

Banyak orang bilang cara terbaik untuk mengusir lelah adalah tidur. Padahal, ada berbagai jenis istirahat lain yang bisa jadi juga kamu butuhkan. Dirangkum dari Yoursay, berikut uraiannya.

1. Physical Rest

Baca Juga: Pasanganmu Pelaku Gaslighting? Simak 4 Cara Lepas dari Hubungan Asmara Tidak Sehat

Tentu saja kamu butuh istirahat fisik saat merasa lelah. Ini terlebih jika kelelahan sampai membuatmu jatuh sakit dan tidak bisa beraktivitas normal. 

Salah satu cara terbaik untuk istirahat fisik adalah tidur cukup dan berkualitas. Setelah hari yang panjang dan melelahkan, biarkan tubuhmu istirahat dan mengisi ulang energinya.

Ilustrasi perempuan tidur siang (Pexels/Ron Lach)
Ilustrasi perempuan tidur siang (Pexels/Ron Lach)

2. Mental Rest

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mental, Begini 5 Cara Menciptakan Worklife Balance

Jenis istirahat ini tidak kalah penting dari physical rest. Fungsinya adalah mengurangi stres dan memulihkan energi positif dalam dirimu. Salah satu metode mental rest adalah melakukan meditasi atau menjalani aktivitas maupun hobi yang kamu sukai.

3. Social rest

Terkadang, tak ada salahnya menjauh sejenak dari kehidupan sosial. Bahkan meski kamu ekstrovert sekali pun, sesekali kamu perlu menyisihkan waktu untuk menyendiri dan me time.

Ini juga termasuk bentuk mencintai diri sendiri. Setelah istirahat sejenak, kamu bisa kembali berinteraksi dengan orang-orang di sekitarmu seperti biasa.

4. Emotional rest

Jenis istirahat ini bisa dilakukan dengan beribadah atau aktivitas spiritual lainnya. Emosi yang meledak-ledak tak akan mengatasi masalah, tetapi justru bisa memperparah.

Baca Juga: 7 Cara Mencintai Diri Sendiri, Jangan Takut Katakan Tidak!

Ada baiknya juga untuk menghindari hal-hal yang selalu membuatmu merasakan emosi negatif. Hal ini juga bisa menjadi langkah yang baik untuk menjaga kesehatan mental.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI